ADVERTISEMENT

Diskominfo Pemkab Bogor Sinergi Susun Renstra Tahun 2024-2026 Melalui Forum Perangkat Daerah

Jumat, 28 Oktober 2022 17:30 WIB

Share
Foto : Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor menggelar kegiatan Forum Perangkat Daerah guna Menyusun Rencana Strategis (Renstra) tahun 2024-2026. (Ist.)
Foto : Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor menggelar kegiatan Forum Perangkat Daerah guna Menyusun Rencana Strategis (Renstra) tahun 2024-2026. (Ist.)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID – Guna Optimalisasi kinerja penyelenggaraan peningkatan pelayanan publik dan layanan informasi kepada masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor menggelar kegiatan Forum Perangkat Daerah guna Menyusun Rencana Strategis (Renstra) tahun 2024-2026 digelar di Aula Diskominfo Pemkab Bogor, Jumat (28/10/2022).

Dalam pelaksanaan Forum PD penyusunan Renstra tahun 2024-2026, merupakan salah satu tahapan yang harus dilaksanakan oleh perangkat daerah untuk menginformasikan kepada seluruh pemangku kepentingan terkait lingkup kewenangan perangkat daerah, serta substansi rencana pembangunan daerah yang akan dilaksanakan oleh perangkat daerah tiga tahun kedepan selama belum dilantiknya kepala daerah definitif.

“Agar semua kalangan dapat mendukung terlaksananya kewenangan perangkat daerah meskipun belum adanya kepala definitif,” ujar Kabid TI Diskominfo, Muharom.

Menurutnya Forum Perangkat Daerah ini bertujuan untuk berkolaborasi dengan PD lingkup Pemkab Bogor, guna memperoleh masukan dari berbagai sumber yang bersifat partisipatif, teknokratif, politis, dan pemangku kepentingan lainnya dalam rangka mempertajam dan menyempurnakan muatan substansi dalam penyusunan Renstra Diskominfo Kabupaten Bogor tahun 2024-2026.

“Harapan kami, melalui kegiatan ini bisa menghasilkan kesepakatan bersama terutama kegiatan dan program prioritas yang perlu dilaksanakan di tiga tahun yang akan datang,” tutur Muharom.

Sementara itu Kabid PIKP Kabupaten Bogor, Iwan Setiawan mengatakan bahwa penyusunan Renstra tahun 2024-2026 dilakukan untuk meningkatkan tata kelola penyelenggaraan komunikasi, informatika, persandian dan statistik yang informatif dan terintegrasi.

Untuk mencapai target Indeks Keterbukaan Informasi Publik, Indeks SPBE, Persentase diseminasi informasi melalui media, persentase Layanan SPBE (Layanan Publik dan Layanan Administrasi Pemerintahan) yang telah diimplementasikan secara elektronik. Kemudian Persentase Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menggunakan data statistik dalam menyusun perencanaan dan evaluasi pembangunan daerah, dan Indeks KAMI.

“Kami berharap goals di 2024-2026 mendatang bisa terwujud seperti infrastruktur Kabupaten Bogor bebas blankspot, tersedianya jaringan layanan internet ke 32 OPD dan 40 kecamatan serta dukungan desa digital, kemudian mewujudkan tata kelola pemerintahan berbasis digital, Diskominfo sebagai wali data dan terciptanya kompetensi SDM di Bidang IT,” terang Iwan Setiawan.

Selanjutnya, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bogor, Usep Supratman menambahkan, melalui Forum Perangkat Daerah diharapkan dapat menghasilkan Rencana Strategis (Renstra) teknokratif yang optimal, terlebih dilakukan secara kolaborasi dengan PD lainnya, masyarakat, organisasi dan lainnya.

“Gali potensi-potensi, himpun berbagai masukan yang diberikan baik secara langsung maupun secara online,” imbuhnya. (Ril)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT