ADVERTISEMENT

Pemerataan Insfrastruktur Jokowi Dorong Pertumbuhan Kualitas SDM Indonesia

Kamis, 27 Oktober 2022 14:53 WIB

Share
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat kunjungi infrastruktur di Kalimatan. (Foto/Ist)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat kunjungi infrastruktur di Kalimatan. (Foto/Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Akademisi Universitas Pattimura Ambon, Johan Tehuayo, mengatakan arah pembangunan infrastruktur di era Pemerintahan Presiden Joko Widodo alias Jokowi meningkat dan merata di seluruh Indonesia. 

Menariknya, Pemerataan infrastruktur yang berhasil diwujudkan oleh Presiden Jokowi dinilai membawa banyak dampak positif bagi kemajuan seluruh sektor. Salah satunya meningkatnya mutu pendidikan di daerah.

“Kalau kita melihat perkembangan Indonesia saat ini dibawa kepemimpinan Pak Jokowi terkait dengan proses pembangunan infrastruktur, kita bisa lihat ada kemajuan yang signifikan, misalnya infrastruktur yang berkaitan dengan pembangunan jalan dan jembatan memang di seluruh daerah itu sudah terlihat,” kata Tehuayo saat dihubungi wartawan, Kamis (27/10/2022).

Tehuayo menilai, arah pembangunan infrastruktur ternyata tidak hanya berdampak pada aspek ekonomi semata, tetapi juga pada sektor pendidikan. Hal ini bisa dilihat dari sarana dan prasarana pendidikan yang dibangun oleh pemerintah saat ini sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya.

“Jadi kalau soal pendidikan kan aspeknya sangat luas karena ada pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan SLTA sampai dengan perguruan tinggi,” ujarnya.

 

 

Menurut pengamat politik ini, pembangunan infrastruktur pendidikan ini sangat menunjang peningkatan sumber daya manusia (SDM). Keberhasilan ini juga tidak terlepas dari keberpihakapan alokasi anggaran dari Pemerintah pusat ke daerah, khususnya di sektor pendidikan. 

“Kalau melihat perkembangannya memang pendidikan di Indonesia mengalami peningkatan, karena itu bisa dilihat dari presentasi APBN dalam konteks implementasi pendidikan. Kan presentasinya mengalami peningkatan, kemudian kalau terkait dengan sarana dan prasarana itu memang sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat,” ucapnya.

Dijelaskan Tehuayo, kemajuan pendidikan di daerah terlihat saat pemerintah dengan cepat merespon kebutuhan masyarakat dengan menempatkan Sekolah Menengah Atas (SMA) di hampir setiap desa. Dan ini, kata Tehuayo baru terjadi di masa Pemerintahan Jokowi. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT