Remaja 15 Tahun di Kota Depok Terdeteksi Alami Gagal Ginjal Akut Diduga Akibat Minum Obat Sirup

Rabu, 26 Oktober 2022 06:31 WIB

Share
Direktur Utama (Dirut) RSUD Depok, Devi Maryori (angga).
Direktur Utama (Dirut) RSUD Depok, Devi Maryori (angga).

DEPOK, POSKOTA.CO.ID - Seorang remaja 15 tahun asal Duren Mekar, Sawangan Kota Depok, terdeteksi mengalami gagal ginjal akut (GGA) diduga akibat minum obat sirup. Remaja tersebut kini masih menjalami perawatan di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Menurut Direktur Utama (Dirut) RSUD Depok, Devi Maryori mengatakan sebelumny remaja asal Duren Mekar tersebur sempat menjalani observasi di RSUD Depok selama empat hari.

“Sudah ada satu kasus remaja 15 tahun kami rujuk ke RSCM dengan gejala klinis dan pemeriksaan hasil penunjang mengarah ke GGA,” ucap Dirut RSUD Depok, Devi Maryori, Selasa (25/10/2022).

Dengan ada GGA usia remaja ini, lanjut Devi  merupakan kasus pertama di Depok. Sedangkan untuk balita usia tiga tahun yang telah meninggal beberapa waktu lalu, sambung Devi, hingga kini belum dapat dipastikan apakah mengalami GGA atau bukan.

"Kasus ini pertama buat kami yang sudah ditangani dan langsung dirujuk," tambahnya.

Remaja 15 tahun tersebut dirujuk ke RSCM karena RSUD Depok belum memiliki sarana lengkap seperti HD untuk anak dan dokter spesialis ginjal anak. “Karena belum punya dokter spesialis anak spesialis ginjal. Untuk HD belum juga sehingga dirujuk,” ungkapnya.

Pertama kali pada waktu remaja 15 tahun tersebut dibawa ke RSUD Depok, Devi menyebutkan pasien remaja tersebut mengalami demam, flu dan batuk.

Pasien datang pada Senin (17/10) dan dilakukan observasi selama empat hari. Ketika dilakukan pemeriksaan laboratorium, diketahui memang ada gangguan peningkatan kadar ureum di atas 0,3 mili.

"Dokter yang memeriksa, berdasarkan hasil pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang, sudah bisa dikatakan gagal ginjal akut) sehingga kami langsung merujuk ke RSCM,” bebernya.

Pasien remaja 15 tahun tersebut sebelumnya sempat mengonsumsi obat sirup. “Kemungkinan besar mengonsumsi sirup,” tutupnya. (Angga)
 

Reporter: Angga Pahlevi
Editor: Winoto
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar