ADVERTISEMENT

Pengamat: Usulan Ahmad Heryawan Sebagai Cawapres Tidak Cocok dengan Tiga Kriteria yang Diajukan Anies

Selasa, 25 Oktober 2022 16:31 WIB

Share
Wakil Ketua Majelis Syuro, Ahmad Heryawan. (foto: facebook)
Wakil Ketua Majelis Syuro, Ahmad Heryawan. (foto: facebook)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - DPP PKS mengusulkan nama Wakil Ketua Majelis Syuro, Ahmad Heryawan sebagai cawapres (calon wakil presiden) untuk mendampingi Anies Baswedan.

PKS selanjutnya akan menyodorkan nama Ahmad Heryawan kepada calon parpol koalisi, NasDem dan Demokrat.

Juru bicara PKS Muhammad Kholid, mengatakan awalnya PKS mengantongi lima nama kader untuk diusulkan sebagai cawapres.

Lima nama itu adalah, Ahmad Heryawan (Aher), Hidayat Nur Wahid (HNW), Irwan Prayitno, Ahmad Syaikhu, dan Sohibul Iman.

"Namun dalam perkembangannya, dikerucutkan menjadi satu nama. PKS akan mengusulkan Ahmad Heryawan dalam meja perundingan tim kecil," ujar Kholid dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, (25/10/2022).

Kendati demikian, Kholid menegaskan, PKS tidak menutup nama-nama lain sebagai alternatif cawapres pendamping Anies Baswedan. Sebab, kata dia, pembahasan figur cawapres antara calon mitra koalisi masih sangat cair.
 
"PKS membuka peluang nama yang muncul nanti di meja perundingan. Baik itu parpol atau non-parpol yang penting sesuai kriterianya," jelas Kholid.

Kholid mengungkapkan, soal kriteria cawapres yang penting punya potensi untuk menang. Selain itu, yang paling mampu memimpin dan saling melengkapi, serta paling mampu mempersatukan bangsa. Sejauh ini, kata dia, tim kecil calon koalisi masih fokus membahas kriteria dan mekanisme pemilihan cawapres.
 
"Tim kecil masih dalam tahapan penentuan kriteria dan mekanisme pemilihan, karena prinsip kami equal partnership. Jadi, masing-masing pihak ajukan nama dan kandidat," kata Kholid.

Namun menurut pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, menilai bahwa usulan PKS yakni Ahmad Heryawan sebagai cawapres nampaknya tidak sosok dengan tiga kriteria yang diajukan Anies Baswedan.

Di mana, Anies ingin cawapresnya mampu berkontribusi memenangkan pemilu, memperkuat stabilitas politik, dan mampu membantu menjalankan pemerintahan.
 


Dari tiga kriteria itu, lanjut Jamiluddin, ada dua kriteria yang sulit dipenuhi Ahmad Heryawan. Pertama, Ahmad Heryawanbelum memiliki elektabilitas. 
 
"Setidaknya belum ada lembaga survei yang memunculkan elektabilitas Ahmad Heryawan. Tingkat keterpilihan Aher sangat rendah, ini akan menyulitkannya untuk berkontribusi memenangkan pilpres," ujar Jamiluddin.
 
Kedua, Ahmad Heryawan juga sulit untuk memperkuat stabilitas politik. Sebab, ia dan Anies sama-sama dari kelompok agama. 
 
"Jadi, kalau Anies dan Ahmad Heryawan berpasangan, maka ketertarikan dari nasionalis tidak terakomodir. Hal itu akan berpengaruh pada stabilitas politik," katanya. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT