ADVERTISEMENT

Balita Asal Depok Korban Gagal Ginjal Akut Meninggal Dunia Setelah Konsumsi Obat Cair

Jumat, 21 Oktober 2022 17:36 WIB

Share
Iah Soleha (40), ibu korban dari Qia usai menunjukan foto semasa hidup di rumah duka daerah Cipayung Kota Depok.(Foto: Angga)
Iah Soleha (40), ibu korban dari Qia usai menunjukan foto semasa hidup di rumah duka daerah Cipayung Kota Depok.(Foto: Angga)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

DEPOK, POSKOTA.CO.ID - Seorang balita di Kelurahan Ratu Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Minggu (16/10/2022), menjadi salah satu korban gagal ginjal akut hingga meninggal dunia paska mengkonsumsi obat cair.

Korban Azqiara Anindita Nuha usia 3 tahun delapan bulan, akrab disapa Qia, meninggal dunia setelah seminggu menjalani perawatan di RS Cipto Jakarta Pusat. Meninggalnya korban divonis penyakit gagal ginjal akut.

"Ya, putri saya meninggal dunia setelah badannya drop secara dratis kurang lebih hanya seminggu dirawat. Tim dokter bilang putri saya gagal ginjal akut," ujar ibu korban, Iah Soleha (40)  kepada wartawan usai dikonfirmasi langsung ke rumah duka RT 01 RW 08, Kelurahan Ratu Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Jumat (21/10/2022) siang.

Qia merupakan putri bungsu dari empat bersaudara pasangan Soleha dengan Andan Nashri (52). Menurut Soleha, mulai pertama kali sakit, pada Kamis (6/10/2022) malam, panas sama pilek dikasih minum obat paracetamol di rumah dan obat pilek Rinos. Setelah  itu pada Jumatnya panas sama pilek Qia sudah sembuh.

Hari Sabtu (8/10/2022) sekitar pukul 03.00 WIB Qia mengalami muntah-muntah sebanyak 15 kali. Pagi hari dibawa ke Klinik Bakti Jaya. Oleh dokter dikasih obat mual panas, pilek dan orarit.

Setelah dikasih obat dari klinik Bhakti Jaya, anaknya sudah mau makan dan minum banyak. Dan kondisinya sudah lebih baik. Namun demikian, makan dan minum yang masuk ke perut keluar lagi (muntah).

Lalu pada Minggu malam hari bersama suami, Soleha memutuskan  membawa anaknya ke RS Bunda Aliyah Depok. Setelah mendengar keluhan anaknya muntah sampai 15 kali, langsung ditangani dokter di Instalasi Gawat Darurat. Setelah itu Qia tetap muntah-muntah dan tidak buang air kecil.

Akhirnya dokter memutuskan, untuk memeriksa laboratoriun dan  hasilnya putrinya tersebut  divonis gagal ginjal stadium 3. Lalu disarankan disuruh masuk ruang PICU.

Pada malam pertama dirawat, Qia sudah ada perburukan kondisi lalu dalam waktu sehari dirawat turun drastis sudah divonis stadium 6.

Pada hari Selasanya, tim dokter untuk mencari rumah sakit tipe A yang ada PICU. Dan akhirnya dapat di RSCM. Setelah sehari perawatan, Qia mulai hilang ingatan. Dia sudah tak mengenal ibunya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT