ADVERTISEMENT

Nuswantara Jaya Kembali (1)

Senin, 17 Oktober 2022 06:10 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ini yang perlu diaktualisasikan di era kekinian, utamanya para elite politik maupun pemerintahan. Para pemimpin dan pemegang kekuasaan yang merupakan perwakilan dari rakyat, sudah semestinya membawa bangsa ini kepada kehidupan yang lebih harmoni dan selaras secara hikmah kebijaksanaan sebagaimana tertera dalam sila ke-4 Pancasila. 

Diantaranya senantiasa mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat, tidak memaksakan kehendak serta tak kalah pentingnya keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai kebenaran dan keadilan.

Ingat! Jabatan dan kekuasaan adalah amanah yang tidak saja dipertanggungjawabkan kepada diri sendiri, kepada publik , juga kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, seperti dikatakan Pak Harmoko dalam kolom “Kopi Pagi” di media ini.

Apabila jabatan dan kekuasaan disalahgunakan, pasti akan ada hukumannya tersendiri seperti yang kita alami baru - baru ini dalam hal penegakan hukum. Ini sejalan dengan hukum sebab akibat, Yang Maha Kuasa dengan caraNya tersendiri akan mengadakan koreksi terhadap semesta maupun penghuninya tergantung dari skala ketidakselarasan tersebut.

Di era era sekarang, negeri kita makin membutuhkan orang - orang yang tangguh guna menghadapi tantangan yang semakin beragam dan kompleks.

Tak hanya dibutuhkan pemimpin yang mampu bekerja keras, kerja cepat, dan gesit merespons keadaan, tapi juga pemimpin yang berhati bersih, berjiwa murni yang mampu membangun harmoni, keselarasan dan keserasian guna memajukan dan memperindah negeri kita.

Pitutur luhur mengajarkan “Memayu hayuning bawano”- memperindah dunia - mengharmonikan dunia dengan perilaku jiwa murni dan energi kebaikan. “Silih asih, silih asah, silih asuh, silih mawangi” – saling menjaga, saling mendidik, saling memelihara dan saling mendukung. (Azisoko)

Halaman

ADVERTISEMENT

Berita Terkait
1 tahun yang lalu
1 tahun yang lalu
1 tahun yang lalu
1 tahun yang lalu
1 tahun yang lalu

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT