ADVERTISEMENT

Buka Munas PERSAMI, Wapres Berharap Anak Muda Miliki Pola Fikir Kewirausahaan Bukan Berlomba Ingin Jadi Pegawai

Selasa, 11 Oktober 2022 14:30 WIB

Share
Wapres KH Ma'ruf Amin saat membuka Munas PERSAMI d Istana Wapres. (setwapres)
Wapres KH Ma'ruf Amin saat membuka Munas PERSAMI d Istana Wapres. (setwapres)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Wakil Presiden  (Wapres) KH Ma'ruf Amin membuka Musyawarah Nasional (Munas) Perhimpunan Saudagar Muslimah Indonesia (PERSAMI), di Istana Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Dalam pesannya, Wapres mengungkapkan PERSAMI agar terus menghidupkan semangat kewirausahaan di Indonesia, utamanya di kalangan pemuda. 

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, dengan perubahan pola pikir (mindset) di kalangan pemuda, diharapkan dapat menumbuhkan minat anak muda untuk menjadi pengusaha sukses dan inovatif, untuk menjadi generasi penerus di masa depan.

"Saya berharap PERSAMI dapat mendorong perubahan mindset di kalangan pemuda agar semakin banyak yang berminat menjadi pengusaha sukses dan inovatif, tidak berlomba-lomba untuk menjadi pegawai saja," tutur Wapres.

Wapres menandaskan sekarang ini banyak orang inginnya menjadi pegawai, sekarang kita dorong supaya mereka menjadi pengusaha, sebagai wirausahawan. 

"Makanya, itu di semua kalangan, termasuk di kalangan pesantren pun juga santri itu harus menjadi usahawan," terang Wapres.

Wapres menyebutkan Gus Iwan, artinya  Gus Iwan itu Santri Bagus, Pintar Ngaji, Usahawan. "Itu juga pengusaha kita ini masih rendah dibanding dengan negara-negara lain, sedikit sekali. Oleh karena itu, harus ini kita kembangkan," tutur Wapres.

Wapres mencontohkan bahwa Rasulullah Muhammad SAW dan Siti Khadijah R.A. juga merupakan wirausahawan ulung. Dalam menjalankan usaha, beliau menunjukkan keteladanan yang patut ditiru oleh para saudagar Indonesia, bukan hanya terkait kepiawaian dan profesionalitas di dalam berdagang, namun juga nilai-nilai kebaikan yang diterapkan dalam berbisnis, seperti kejujuran dan sifat amanah. 

"Jadi core bisnisnya itu al shidqi, jujur; al amanah wal wafa mil ahdi, menjalankan amanah dan memenuhi janji itu unsur-unsur penting di dalam perdagangan. Kemudian juga istiqamah," utara Wapres.

Wapres berharap Munas PERSAMI dapat menjadi momentum untuk mengukuhkan kerja sama para saudagar muslimah Indonesia, untuk bersama-sama seluruh pemangku kepentingan menggerakkan denyut perekonomian nasional, khususnya ekonomi syariah, memperkuat pemberdayaan umat agar tercapai kesejahteraan yang berkeadilan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT