ADVERTISEMENT

Usai Diguncang Gempa 5,5 Magnitudo, Lebak Dikepung Banjir dan Longsor Ratusan Rumah dan Sarana Umum Rusak

Senin, 10 Oktober 2022 05:50 WIB

Share
Banjir bandang melanda sejumlah wilayah di Lebak. (Foto: Ist).
Banjir bandang melanda sejumlah wilayah di Lebak. (Foto: Ist).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Sejumlah wilayah di Kabupaten Lebak dikepung banjir dan tanah longsor, peristiwa itu terjadi setelah beberapa menit diguncang gempa dengan kekuatan 5,5 magnitudo, Minggu (9/10/2022).

Dari informasi yang berhasil dihimpun Poskota bahwa bencana banjir yang melanda sebagian wilayah di Kabupaten Lebak di antaranya di Kecamatan Bayah, Cilograng dan Kecamatan Cigemblong.

Banjir di Kecamatan Bayah disebabkan luapan air dari Sungai Cimadur yang menyebabkan puluhan rumah warga dan pasilitas umum lainnya terdampak banjir.

Selain itu, di Kecamatan Cilograng bencana banjir terjadi akibat luapan air Sungai Cibareno, sehingga puluhan rumah warga, puluhan hektar sawah terdampak dan jembatan gantung hanyut.

Begitu juga di Kecamatan Cigemblong, ada puluhan rumah warga terendam banjir dan akses jalan di Cigemblong terendam sehingga membuat lalulintas lumpuh.

Selain itu banjir bandang juga terjadi di wilayah Kecamatan Panggarangan dan Cibeber, yang mengakibatkan puluhan rumah terdampak banjir.

Kepala Bandan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Febby Rizki Pratama menjelaskan, hujan yang terjadi di wilayah selatan Kabupaten Lebak selama kurang lebih 4 jam, menyebabkan meluapnya sungai Cibareno, Sungai Cisiih, Cimadur, Cicantra dan Sungai Peucang Pari serta menyebabkan banjir di 5 kecamatan.

Wilayah-wilayah yang dilanda banjir tersebut diantaranya, Kecamatan Bayah meliputi Desa Suwakan, Desa Mancak, Desa Bayah barat, dan Desa Pasir Gombong.

"Sementara di Kecamatan Cibeber meliputi Desa Neglasari, dan Desa wanasari. Di Kecamatan Panggarangan meliputi Desa Gunung Gede. Di Kecamatan Cilograng meliputi Desa Pasir Bungur dan Desa Cibareno dan di Kecamatan Cgemblong meliputi Desa.Cigemblong dan Desa.Cibungur," ungkapnya, Minggu (9/10/2022).

Dampak yang ditimbulkan dari bencana banjir tersebut lanjut Febby, jembatan gantung Desa Cisuren penghubung Desa Pasir Gombong rusak berat, jembatan Sesa Bayah Timur penghubung Desa Cimancak Oprit rusak berat.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT