ADVERTISEMENT

Nilai Kapolri Tak Tegas Tindak Kapolda Jatim, Tokoh Malang Minta Jokowi Reformasi Polri

Senin, 10 Oktober 2022 09:04 WIB

Share
Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta. (Foto: Diolah dari Google).
Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta. (Foto: Diolah dari Google).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Tak puas dengan penanganan kasus Stadion Kanjuruhan yang terkesan lambat, Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK), Habib Syakur Ali Mahdi Al Hamid, menuntut agar Kapolri lebih tegas dalam menindak para tersangka dan pelaku utama tragedi yang menyebabkan kematian ratusan orang tersebut.

Syakur berharap bahwa kasus ini bisa diselesaikan secara cepat dengan harapan dapat membuktikan profesionalitas aparat penegak hukum sekaligus membersihkan citra dunia persepakbolaan nasional yang sudah tercemar.

"Untuk membersihkan citra persepakbolaan kita dan menegakkan keadilan untuk ratusan orang yang meninggal, mau tak mau Kapolri harus bersikap tegas. Harus profesional agar masyarakat kembali percaya," kata Syakur saat dihubungi, Minggu, 9 Oktober 2022.

Syakur berterima kasih pada penegak hukum karena beberapa orang pelaku penembakan gas air mata dan panitia sudah diproses hukum. Tapi ia mengatakan hal itu belum cukup. Pasalny banyak orang yang diduga turut bertanggung jawab dalam tragedi ini.

Salah satu orang yang dianggap bertanggung jawab adalah Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Nico Afinta. Syakur mengatakan Nico semestinya bertanggungjawab atas keamanan dan ketertiban masyarakat di Jawa Timur.

"Kapolda Jatim jelas bertanggungjawab. Sebab keamanan Jawa timur adalah tanggung jawabnya. Harusnya dia paham dan tahu bahwa perhelatan akbar ini sangat sensitif dan mendapat perhatian besar dari masyarakat umum, tentu harus ada pengamanan ekstra dan profesional, bukan asal-asalan," kata Syakur.

Ia mengatakan meninggalnya ratusan orang di Stadion Kanjuruhan harusnya menggerakkan hati nurani Kapolda untuk mengundurkan diri secara sukarela.

"Secara moral harusnya dia paham dan dengan penuh kesadaran harusnya mundur dari jabatannya karena telah mengakibatkan ratusan nyawa melayang sia-sia," kata Syakur.

"Untuk hal yang sebenarnya dapat dicegah dan ditangani secara manusiawi tanpa ada korban jiwa," imbuhnya.

Diketahui, tragedi kerusuhan yang berujung maut di Stadion Kanjuruhan terjadi saat Arema FC dikalahkan 2-3 oleh Persebaya. Suporter Arema FC yang tak rela klub kesayangannya tumbang di kandang sendiri, melakukan kericuhan dengan memasuki arena lapangan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT