Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022, Ini 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mental

Senin, 10 Oktober 2022 06:48 WIB

Share
Cara menjaga kesehatan menta. (Foto/Pixabay)
Cara menjaga kesehatan menta. (Foto/Pixabay)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kesehatan fisik dan mental memiliki peranan yang sama penting untuk dijaga. Kesehatan mental mencakup kemampuan pada diri sendiri untuk mengelola perasaan. 

Jika kesehatan mental tidak dijaga, maka semakin lama akan menimbulkan rasa lelah yang kemudian menyebabkan sakit sehingga menimbulkan masalah. 

Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan mental perlu melakukan cara-cara sederhana yang bisa diterapkan dalam kehidupan. Mengutip dari beberapa sumber, berikut cara-cara yang dapat menjaga kesehatan mental. 

1. Belajar untuk memahami dan mengelola perasaan diri

Banyak seseorang yang terkadang tidak mengerti pada diri sendiri apa yang sedang dirasakan.  

Memberikan perhatian kepada diri sendiri tanpa menghakimi apa yang sedang dirasakan merupakan suatu bentuk latihan dan kesabaran yang dapat membantu diri sendiri. 

Selain itu, berbicara kepada diri sendiri dapat menghibur dari perasaan yang terkadang sulit untuk dipahami. 

2. Katakan hal positif kepada diri sendiri

Berpikir tentang diri sendiri memiliki efek yang kuat pada kejiwaan. Saat seseorang memandang diri serta hidupnya negatif, maka dampak yang dirasakannya juga negatif. 

Namun, jika diri dibiasakan untuk mengatakan hal yang positif, maka dampak yang dirasakan menjadi lebih positif sehingga membuat diri menjadi lebih optimis.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar