ADVERTISEMENT

Dukung Capaian Target 4.4 Juta Lapangan Kerja, AKI Beri Pelatihan Digitalisasi Pada 433 Pelaku UMKM se-Indonesia

Senin, 10 Oktober 2022 12:05 WIB

Share
Saat menghadiri penutupan AKI 2022 di AEON Mall Tangerang. (Veronica)
Saat menghadiri penutupan AKI 2022 di AEON Mall Tangerang. (Veronica)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Sebanyak 433 pelaku UMKM binaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI di 16 kota dan kabupaten se-Indonesia lewat rangkaian program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) mendapat pelatihan digitalisasi bisnis dari Shopee.

Pelatihan tersebut dilakukan untuk mendukung tercapainya target 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas hingga tahun 2024.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno dalam mengatakan, mekanisme program AKI yang mendorong pelaku UMKM berkompetisi melalui ajang audisi diharapkan akan melahirkan UMKM champion yang punya daya saing tinggi dalam menghadapi berbagai situasi sulit.

Hal ini tentu sesuai dengan apa yang Pemerintah targetkan, yakni pada 2023 dari 30 juta pelaku UMKM di Indonesia, sebanyak 62% telah terdaftar di e-commerce.

Menurut pria yang akrab dipanggil mas menteri tersebut, peran dari UMKM dengan peningkatan kapasitas pelaku UMKM yang telah terbukti menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Salah satunya adalah melalui digitalisasi yang akan meningkatkan peluang penggiat UMKM dalam memperluas pasar dan pencapaian bisnis mereka. 

"Untuk mencapai tujuan kolektif ini, saya tekankan pentingnya upaya menyatukan peran pemerintah dan swasta, dalam kesempatan ini Shopee, untuk bersinergi dengan baik.” katanya, Minggu (9/10) malam.

Sementara itu, Head of Government Affairs Shopee Indonesia, Ade Mulya menegaskan dukungan Shopee pada rangkaian acara AKI 2022 sebagai wujud komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM dalam mendukung digitalisasi UMKM.

“Sebagai perusahaan teknologi, Shopee ingin terus menjadi kawan dalam setiap perjalanan UMKM Indonesia, termasuk dalam proses digitalisasi dan pengembangan bisnis mereka," ungkapnya.

Ia juga mengatakan, Minggu ini kami meresmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor Bali dan juga mendukung penyelenggaraan World Conference on Creative Economy 2022.

"Kerja sama dengan AKI ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi UMKM lokal untuk perkembangan bisnisnya secara optimal,” harapnya 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT