ADVERTISEMENT

Antisipasi Cuaca Ekstrem, PLN Gelar Apel Siaga dan Inspeksi Pantau Kesiapan Gardu Penyuplai Rumah Pompa

Senin, 10 Oktober 2022 20:30 WIB

Share
General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan saat meninjau kesiapan gardu penyuplai rumah pompa dalam mengantisipasi cuaca ekstrem. (ist)
General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan saat meninjau kesiapan gardu penyuplai rumah pompa dalam mengantisipasi cuaca ekstrem. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya menggelar apel siaga menghadapi cuaca ekstrem dan inspeksi gardu distribusi yang memasok Rumah Pompa Sunter Utara bersama Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara. 

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai antisipasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang memperkirakan wilayah Indonesia berpotensi cuaca ekstrem. Hal ini ditandai curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai petir serta angin kencang. Sebagai antisipasi hal tersebut,

PLN UID Jakarta Raya mengerahkan 2.209 personil, 13 unit perahu karet, 41 unit Uninterrupted Power Supply (UPS) dengan total daya 7.070 KVA, 7 unit Unit Kabel Bergerak (UKB) sepanjang 2.600 KM, 15 unit Unit Trafo Bergerak (UTB) total daya 1.745 KVA, 8 unit mobil 4WD, 23 unit Unit gardu Bergerak (UGB) total daya 17.080 KVA, 10 unit genset kapasitas 1.745 KVA, 7 unit kendaraan deteksi dan 104 motor stand by di Jakarta dan sekitarnya. 

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan perkuatan pasokan listrik ke 210 gardu distribusi rumah pompa dan peninggian gardu-gardu distribusi sebanyak 518 gardu, sebagai antisipasi menghadapi cuaca ekstrem.

“Tercatat ada 6 pintu air, 210 titik pompa stasioner, dan 6 lokasi gardu rumah pompa yang telah dilengkapi peralatan switching otomatis. Kami berkomitmen menjaga pasokan listrik yang aman untuk 5 juta pelanggan listrik di Jakarta” ungkap Doddy.

Adrian Mananta Maulana, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara, menyatakan terima kasihnya kepada PLN. “Rumah pompa selalu diprioritaskan listriknya dan selama ini selalu terjalin kordinasi yang baik”, ungkap Adrian. 

PLN mengimbau masyarakat untuk waspada jika air meninggi dan menyebabkan genangan karena bisa mengancam keselamatan. Apabila air sudah memasuki rumah, pelanggan diimbau segera mematikan listrik dari Miniature Circuit Breaker (MCB) untuk menghindari bahaya tersengat listrik.

Kemudian, pastikan pelanggan mencabut seluruh peralatan elektronik yang tersambung dengan stop kontak untuk menghindari terjadinya arus pendek. Letakkan peralatan elektronik ke tempat yang lebih aman dan tidak terjangkau air. 

Bila terjadi ancaman keselamatan dari jaringan listrik akibat potensi banjir atau imbas cuaca ekstrem lainnya, agar masyarakat dapat melaporkan serta meminta penghentian pasokan tenaga listrik sementara. Lebih lanjut bila melihat potensi gangguan listrik, dapat melaporkan langsung kepada PLN melalui Fitur Pengaduan di aplikasi PLN Mobile.

ADVERTISEMENT

Editor: Guruh Nara Persada
Contributor: -
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT