ADVERTISEMENT

Cuaca Seminggu ke Depan Tak Main-Main, BMKG Beberkan Cuaca Ekstrem Tak Biasa

Minggu, 9 Oktober 2022 08:57 WIB

Share
Prediksi cuaca ekstrem. (Foto: Ahmad Tri Hawaari)
Prediksi cuaca ekstrem. (Foto: Ahmad Tri Hawaari)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - BMKG membeberkan kondisi cuaca selama seminggu ke depan. Menurut prediksi BMKG ada cuaca ekstrem tak biasa yang akan berlangsung terhitung dari tanggal 9 sampai 15 Oktober 2022.

BMKG mengungkapkan cuaca yang akan muncul selama sepekan ke depan berupa hujan lebat disertai petir hingga angin kencang.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengatakan analisis terkini lembaganya terhadap kondisi dinamika atmosfer di wilayah Indonesia menunjukkan adanya peningkatan potensi cuaca ekstrem.

Cuaca ekstrem ini diakibatkan sirkulasi siklonik berbentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan.

Selain itu, cuaca ekstrem juga dipicu aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti Madden Jullian Oscillation (MJO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin.

"Interaksi fenomena itu secara tidak langsung dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan," kata Dwikorita Karnawati.

Wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem hujan lebat disertai kilat dan angin kencang dapat terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua.

Dwikorita juga menjelaskan bahwa dalam tiga hari ke depan, terdapat sejumlah wilayah yang berpotensi terdampak hujan lebat dengan kategori siaga, atau berpotensi banjir.

Wilayah tersebut yakni sebagian wilayah Aceh, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Tengah.

"Informasi lebih rinci hingga level kecamatan untuk potensi dampak hujan lebat dapat diakses di laman signature.bmkg.go.id," bebernya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT