Kesaksian Mengerikan Saat Detik-Detik Tragedi Kanjuruhan: Wanita dan Anak Kecil Bertumpuk, Seperti Kuburan Massal

Selasa, 4 Oktober 2022 11:28 WIB

Share
Deretan jenazah korban tragedi Kanjuruhan.
Deretan jenazah korban tragedi Kanjuruhan.

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ada peristiwa mencekam saat tragedi Kanjuruhan tengah berlangsung di Malang, Sabtu (1/10/202) lalu. Eko, salah satu orang yang menyaksikan tragedi mengenaskan itu melihat betapa kehebohan di stadion sudah seperti kuburan massal.

Kesaksian Eko ini diperlihatkan langsung oleh Federasi Federasi Komisi Untuk Orang Hilang untuk Korban Tindak Kekerasan (Federasi KontraS) baru-baru ini.

Eko salah satu penonton yang kurang beruntung karena tak bisa menonton di area Tribun. Tapi tempat ia menyaksikan laga Arema FC vs Persebaya Surabaya itu rupanya membawa keberuntungan. Ia tak terhempas ke lokasi apa yang ia sebut sebagai 'kuburan massal' itu.

Dari kejauhan, ia merekam jelas dalam ingatannya bagaimana pasukan bersenjata secara brutal menembakan gas air mata. Suara tembakannya, menyentak banyak orang-orang sekitar.

"Saat itu saya ngopi di warung dekat tribun 10, lalu mendengar gedor pintu, suara jeritan minta tolong. Pertama kali saya lihat perempuan dengan kondisi lemas lalu pingsan," kata Eko, kemarin.

Beberapa Aremania lainnya bergegas melakukan pertolongan. Melihat kondisi itu, Ia dan seorang temannya berinisiatif mengecek kondisi gate lainnya.

Setibanya di Gate 13, Ia menjumpai pemandangan mengerikan. Peristiwa yang membuat hatinya hancur berkeping-keping.

"Gate 13 di situ titik semacam kuburan adik-adik saya," tuturnya.

Eko terdiam sejenak, lalu tangis pecah. Ia bersimpuh ke Yuli Sumpil yang duduk di samping kirinya. Tak kuasa melanjutkan kesaksian tragedi Kanjuruhan yang menewaskan sedikitnya 125 orang.

"Gak kuat aku mas," ujarnya menangis histeris.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar