PDIP Minta Kasus Kematian Ratusan Suporter di Kanjuruhan Diusut Tuntas, Pidanakan yang Bersalah

Senin, 3 Oktober 2022 16:00 WIB

Share
Johan Budi. (foto: poskota/rizal)
Johan Budi. (foto: poskota/rizal)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) lewat Fraksi PDIP DPR mengingatkan Kapolri hingga PSSI agar segera mengevaluasi secara tuntas kasus kericuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur yang mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia. 

Anggota Fraksi PDIP DPR Johan Budi, tragedi ini meninggalkan duka yang amat mendalam dan menjadi lembaran hitam dalam olahraga nasional.

Salah satu poin evaluasi yang ditekankan PDIP adalah Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang telah dibentuk pemerintah perlu mengusut potensi tindak pidana atas kasus tersebut.

"Yang sudah dibentuk oleh pemerintah, apakah itu di PSSI atau di Kemenpora, harus menghasilkan hal yang jelas, siapa yang salah. Kalau ada yang mengarah ke tindak pidana, ya pidanakan," kata Johan Budi dalam konferensi pers di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 3 Oktober 2022.

Selain itu, evaluasi TGIPF tersebut juga harus menghasilkan upaya perbaikan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pertandingan sepak bola, terutama aspek pengamanannya.

Mantan Jubir KPK yang kini menjadi Anggota Komisi III DPR RI ini meminta PSSI dan seluruh klub sepak bola di Indonesia harus secara kontinyu memberikan edukasi kepada para supporter dari masing-masing klub.

"Itu disadarkan bahwa olahraga adalah bentuk sportivitas dan tidak boleh ada lagi kebencian. menang dan kalah itu adalah hal biasa. Tidak ada yang salah mendukung klub, semua berhak mendukung klub. Tapi, sejauh mana kita harus mendukung klub itu.

Johan mengingatkan, untuk tidak hanya sekadar evaluasi-evaluasi saja karena saya yakin, kejadian ini, kalau tidak ada tindakan yang tegas, akan terjadi lagi. 

"Entah itu beberapa bulan kemudian, itu pasti kalau tidak dilakukan secara tegas dari hasil evaluasi itu," ucapnya. 

Johan Budi mengapresiasi langkah pemerintah membentuk tim khusus untuk mengusut tuntas insiden Stadion Kanjuruhan ini. Namun, Johan meminta agar hasil penyelidikan tidak hanya sebatas evaluasi melainkan tindak lanjut yang nyata terhadap pihak-pihak yang terbukti bertanggung jawab dalam insiden tersebut.

Halaman
Reporter: Rizal Siregar
Editor: Cahyono
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar