Pertemuan Puan dan AHY Bisa Turunkan Tensi Politik Nasional, Dapat Mendobrak Sekat-sekat Politik antara PDIP dan Demokrat

Minggu, 2 Oktober 2022 19:21 WIB

Share
Kolase foto Puan Maharani dan AHY (Foto: ist)
Kolase foto Puan Maharani dan AHY (Foto: ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ketua DPP PDIP Puan Maharani terus melakukan safari politik menemui ketua-ketua umum partai politik jelang Pilpres 2024. Partai Demokrat pun membuka pintu jika Puan Maharani ingin melakukan pertemuan dengan Ketua Umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Namun, PDIP mengungkapkan hingga saat ini belum ada rencana Puan Maharani akan bertemu dengan AHY. 

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, menilai pertemuan Puan dan AHY, jika terlaksana, bisa menurunkan tensi politik nasional. Sebab menurutnya, Puan dan AHY adalah politisi muda yang dapat memberi warna politik di Tanah Air jadi lebih demokratis.

"Pertemuan keduanya dapat mendorong keterbukaan dalam berbagai kehidupan di tanah air," ujar Jamiluddin dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, (2/10/2022).

Selain itu, lanjutnya, Puan dan AHY juga sama-sama tidak punya beban masa lalu. Sehingga pertemuan keduanya dapat lebih cair, terbuka, dan produktif.

"Setidaknya mereka berdua dapat mendobrak sekat-sekat politik selama ini antara PDIP dan Demokrat. Hal itu seharusnya dapat mereka lakukan mengingat PDIP dan Partai Demokrat sama-sama partai nasionalis," jelas Jamiluddin.

Kemudian, kata Jamiluddin, Puan dan AHY juga diharapkan dapat mencairkan hubungan Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Terutama Puan, saat bertemu AHY, diharapkan juga menyempatkan diri sowan ke SBY. Hal itu sudah dilakukan AHY saat lebaran ke kediaman Megawati. Saat itu Puan juga mendampingi ibundanya dan menyempatkan diri selfi bersama AHY," katanya.

Jamiluddin berharap, suasana damai seperti itu juga terjadi saat Puan bertemu AHY. Puan, menurut dia, dapat bersenda gurau dengan SBY dan selfi bersama.

"Kalau hal itu dapat dilakukan, harapannya Megawati akan luluh dan mau lebih terbuka dengan Partai Demokrat. Megawati setidaknya akan merestui anaknya Puan untuk bersama AHY menata sistem politik yang lebih demokratis di Tanah Air," terangnya. 

Halaman
Reporter: Wanto
Editor: Winoto
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar