Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Jokowi: Bangsa Indonesia akan Tetap Berpegang Teguh pada Pancasila

Sabtu, 1 Oktober 2022 14:44 WIB

Share
Presiden Jokowi. (Foto/Instagram@jokowi)
Presiden Jokowi. (Foto/[email protected])

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Peringatan ini dilakukan untuk mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa serta bentuk penghormatan terhadap para Pahlawan Revolusi yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September. 

Pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa bangsa Indonesia akan tetap berpegang teguh pada pancasila. 

"Zaman Boleh berubah, gaya hidup berganti, arus globalisasi menderas, tapi bangsa Indonesia akan tetap berpegang teguh pada pancasila dan segenap nilai-nilai yang dikandungnya," kata Jokowi dalam unggahan di akun Instagram miliknya, Sabtu (01/10/2022).

Jokowi juga mengatakan bahwa ideologi yang dirumuskan oleh para pahlawan membuktikan bahwa Indonesia mampu menjadi pelindung dalam menghadapi tantangan yang mengancam persatuan. 

"Ideologi yang digali dan dirumuskan oleh para pendahulu dari akar dan karakter bangsa Indonesia sendiri, telah terbukti mampu menjadi tameng menghadapi aneka tantangan yang mengancam persatuan dan kemajemukan kita," sambungnya. 

Sementara itu, melansir di situs resmi Kemendikbud, Hari Kesaktian Pancasila 2022 mengusung tema "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila" serta menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10/2022).

Komentar ditutup untuk berita ini.