ADVERTISEMENT

Jatuh Bangun Buka Kedai Kopi, Awalnya Dijual dari Teman ke Teman, Kini Raup Keuntungan 1 Hingga 3 Juta Per Hari

Jumat, 30 September 2022 19:12 WIB

Share
UMKM bernama Instict Coffiee.(Foto: CR01)
UMKM bernama Instict Coffiee.(Foto: CR01)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

“Awalnya saya kasih gratis dulu, bahasanya testeran. Ternyata hasilnya positif dan saya memulai jualan dengan 50 botol ukuran 500 ml dengan harga 15k- 20k. Modal awal buat bahannya sekitar 400k, tapi belum untuk beli alat-alat kopinya,” ucapnya.

Dari hasil merintis, kini ia sudah memiliki kedai sendiri.

“Alhamdulilah sekarang sudah punya kedai. Alat-alat pun sudah sedikit lengkap, mesin kopi sudah ada. Dari awalnya coba-coba sekarang sudah sedikit lumayan. Sudah ada yang gelasan, botolan 250 ml sampai yang 500 ml dan varian rasanya sudah banyak. Untuk keuntungan kotor saat ini berkisar 1 hingga 3jutaan dalam sehari,” jelasnya.

Selain kopi, Nawaz menambahkan menu aneka kebab.

“Sekarang ini saya sudah menjual kopi dengan rasa aren, carammel, buttercout, huzzelnut, non-coffie seperti taro late, redvelvet dll. Menu makanannya sendiri kebab chicken sambel geprek,sosis sama beef. Ada juga aneka snack lainnya seperti bakso bakar, serta sosis bakar dan kentang,” ujarnya.

Untuk kendala dari proses usahanya yaitu dari perawatan alat-alat serta bahan-bahannya. Semua itu harus disimpan secara fresh agar tidak cepat basi.

“Lebih ke jatuh bangunnya. Kita harus putar otak bikin aneka promosi. Managementnya juga harus terstruktur,” jelasnya 

Untuk pemilihan bahan, mulai dari pemilihan biji kopi, Nawaz mengatakan yang dilihat dari paska panennya. Selain itu, racikannya juga harus tepat.

“Kalau pembuatannya sendiri itu seperti contoh roasting kaya dark, medium to dark, itu kita harus tau. Itu buat pemilihan biji kopinya,” ujarnya.

Untuk cara penyimpanan bahannya, Nawaz mengungkapkan,  harus melalui treatment khusus.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT