Ciamik, Mengusung Konsep Simpul Transportasi Modern, Kini Pelabuhan Muara Angke Hampir Mirip Bandara

Selasa, 27 September 2022 20:45 WIB

Share
Salah satu sudut ruangan di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara yang kini mengusung konsep Simpul Transportasi Modern.(Foto: Cr02)
Salah satu sudut ruangan di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara yang kini mengusung konsep Simpul Transportasi Modern.(Foto: Cr02)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemkot Jakarta Utara membenahi Pelabuhan Muara Angke dengan mengusung konsep baru. Diharapkan, pembenahan tersebut dapat meningkatkan daya tarik penumpang yang ingin menyeberang.

Pelabuhan Muara Angke kian ciamik usai direvitalisasi. Pelabuhan dengan tujuan penyeberangan ke Kepulauan Seribu tersebut mengusung konsep Simpul Transportasi Modern. 

"Kondisi Pelabuhan Muara Angke saat ini sudah jauh lebih baik. Terdiri dari dua lantai dan mengandung konsep Simpul Transportasi Modern," kata Kepala Satuan Pelaksana Pelayanan Unit Pengelola Angkutan Perairan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Wahyu Wijayanto dalam keterangan resminya, Selasa(27/9/2022). 

Selain ruang kantor, secara umum dijelaskan bahwa Pelabuhan Muara Angke memiliki sejumlah fasilitas. Mulai dari mushalla, toilet, kantin, ruang laktasi, hingga taman. Pelabuhan itu pun dipastikan ramah difabel. 

"Konsep ini mirip layaknya bandara. Bahkan ke depannya pelabuhan ini akan terintegrasi dengan modal transportasi lain," jelasnya. 

Saat ini, dia menerangkan sistem tiket penyebrangan elektronik atau e-ticketing tengah dikembangkan dengan menggandeng Bank DKI. 

"Saat ini kami masih menggunakan sistem pembelian tiket secara tunai melalui karcis. Tapi dalam waktu dekat kami akan terapkan sistem e-ticketing yang saat ini sedang dalam pengembangan development," tutupnya. 

Diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan meresmikan Pelabuhan Muara Angke pada Jumat (30/9/2022) mendatang. 

Terdapat tiga jalur penyebrangan pulang pergi (PP), yakni Jalur 1 (Pelabuhan Muara Angke ke Pulau Pramuka), Jalur 2 (Pelabuhan Muara Angke ke Pulau Tidung), dan Jalur 3 (Pelabuhan Muara Angke ke Pulau Kelapa dan Sabira). 
(Cr01)

 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar