ADVERTISEMENT

Gelaran ANOC World Beach Games 2023 di Bali, Penting untuk Generasi Muda

Senin, 26 September 2022 07:56 WIB

Share
Ilustrasi sepak bola pantai (foto/instagram anocworldbeachgames)
Ilustrasi sepak bola pantai (foto/instagram anocworldbeachgames)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  ANOC World Beach Games (AWBG) akan diselenggarakan di Bali pada 2023 mendatang. Ajang ini dinilai bisa memberikan dampak positif bagi generasi muda.

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari mengatakan AWBG Bali 2023 akan menjadi ajang multi-event level dunia pertama Indonesia.

“Indonesia memiliki catatan sebagai pelopor multi-event olahraga air dan pantai. Di Bali, embrio multi-event olahraga air dan pantai lahir, tepatnya ketika Indonesia menjadi tuan rumah 1st Asian Beach Games 2008,” kata Okto.

Okto lalu menjelaskan jika ajang AWBG 2023 di Bali ini  akan memberikan jalan untuk lebih dekat meraih mimpi dan menciptakan legacy yang jauh lebih besar.

"Bagaimana generasi muda melihat cabang olahraga air dan pantai ini menjadi kegiatan menyenangkan. Terpenting mengembalikan denyut sektor pariwisata dan perekonomian agar berdetak lebih kencang, bahkan dari sebelum pandemi, serta melanjutkan suksesi G20 tahun ini, dan menguatkan misi recover together, recover stronger," ujarnya.

Okto melihat hal ini dapat diraih Indonesia. Belajar dari pengalaman Qatar sebagai tuan rumah AWBG edisi pertama, 2019. 

Kendati saat itu sebagai tuan rumah mereka menempati ranking 23 di klasemen akhir AWBG, tapi perhatian yang didapatkan Qatar luar biasa karena dapat melahirkan new star, atlet baru bertalenta dengan cabang olahraga dan disiplin baru yang digandrungi generasi muda.

AWBG Bali 2023 akan mempertandingkan 14 cabor, di antaranya 10 cabor mandatory atau wajib yaitu Open Water Swimming 5km, Beach Water Polo, Beach Soccer, Beach Handball, Individual Kata Karate, Kite Foil, Beach Tennis, Aquathlon, Beach Volleyball 4×4 and Beach Wrestling. 

Sisanya adalah empat cabor tambahan yang dipilih berdasarkan prinsip utama bahwa program tersebut dapat membawa keberlanjutan, menjangkau generasi muda, serta inklusivitas. 

Keempat cabor itu adalah basket 3×3, AirBadminton, Rowing Beach Sprint, dan Surfing. Rencananya akan ada 44 medali yang dipertandingkan di AWBG 2023 ini.

ADVERTISEMENT

Reporter: Hutomo Prayoga
Editor: Hutomo Prayoga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT