Wow! Tepat di Momentum World Rhino Day, Populasi Badak Jawa Bertambah Satu Ekor

Minggu, 25 September 2022 09:10 WIB

Share
Seekor anak badak Jawa nampak sedang menyusui kepada induknya. ( Ist).
Seekor anak badak Jawa nampak sedang menyusui kepada induknya. ( Ist).

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID -  Tepat pada momentum World Rhino Day atau Hati Badak Nasional, populasi badak jawa atau badak cula satu di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) bertambah satu ekor. 

Penambahan populasi badak jawa tersebut terlihat saat badak jawa tertangkap oleh kamera CCTV BTNUK di kawasan TNUK, saat anak badak tengah mengikuti induknya di kawasan TNUK tersebut.

Dilihat dari akun Instagram resmi Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) @btn_ujung_kulon dalam video yang diunggah akun Instagram tersebut nampak ada beberapa ekor badak cula satu yang tertangkap kamera trap BTNUK. 

Terlihat pula salah satu induk badak Jawa tengah diikuti oleh satu ekor anak badak, dan anak badak tersebut seperti mau menyusui pada induknya. 

Bagian Humas dan Kerjasama balai TNUK, Andri Firmansyah membenarkan, jika satu ekor anak badak tertangkap kamera yang tengah mengikuti induknya. 

Adanya penambahan populasi badak Jawa tersebut diketahui pada bulan Februari 2022 lalu.

"Ini kabar baik, pada momentum Hari Badak Nasional, populasi badak Jawa atau badak cula satu bertambah satu ekor," ungkapnya, Minggu (25/9/202).

Ia menjelaskan, sebelumnya pada tahun 2021 lalu populasi badak Jawa di TNUK berjumlah 76 ekor. Nah pada tahun 2022 ini, ada penambahan populasi sekarang jumlahnya sebanyak 77 ekor.

"Dari tangkapan kamera yang dipasang di kawasan TNUK, diketahui jumlah populasi badak sekarang ada sebanyak 77 ekor, yang tadinya diketahui pada tahun 2021 hanya sebanyak 76 ekor," jelasnya.

Lanjut dia, kelahiran satu ekor anak badak tersebut merupakan kabar baik, lantaran populasi badak cula satu itu terus bertambah. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar