ADVERTISEMENT

Korban Pergeseran Tanah di Bojong Koneng Bakal Direlokasi Pemkab Bogor

Selasa, 20 September 2022 09:45 WIB

Share
Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan tinjau Lokasi Bencana (istimewa)
Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan tinjau Lokasi Bencana (istimewa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bakal merelokasi 10 Kepala Keluarga (KK) korban terdampak pergeseran tanah di Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Selasa (20/9/2022).

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan  menyebut sebelum direlokasi, korban terdampak akan diberikan biaya sewa untuk menyewa tempat singgah ataupun di rumah sanak saudaranya.

"Jangka pendeknya kita sudah mengalokasikan anggaran untuk sewa penduduk yang terdampak untuk direlokasi di sekitar sini, dan kedua bantuan makan yang terdampak, selama beberapa hari ini, kami siap dicover dari Dinsos dan dari BPBD," ucap Iwan Setiawan.

Selain itu, sambung Iwan, untuk mobilitas warga yang bersifat darurat, Pemkab Bogor akan menerjunkan alat-alat semi berat untuk membuat jalan sementara supaya bisa diakses warga.

Dalam proses jangka panjang, lanjut Iwan, Pemerintah masih menunggu rekomendasi dari Badan Geologi Kementerian ESDM terkait status tanah di tersebut.

"Jangan sampai terjadi kembali terus masyarakat masih di sini, pemberitahuan atau yang lainnya kita tidak menyampaikan. Karena jalur ini, dengan Sukamakmur, Hambalang masih satu hamparan karena kalau sudah begini, kita untuk penduduk ada relokasi," kata Iwan.

Dalam tinjauannya, Iwan meminta data jumlah penduduk yang harus direlokasi dari kepala desa dan camat. Dengan catatan, relokasi tidak boleh di tempat yang berstatus zona merah.

"Kami juga minta masyarakat jangan sampai keinginannya harus dekat keluarga, harus di dekat tempat wisata, nanti ketika terjadi lagi, kan kita kerja dua kali, makanya saya ingin kajian ini lebih maksimal dan dari dinas, mitigasi dan geologi, supaya pas kita relokasi tidak pindah-pindah lagi dan aman," pungkasnya. 

Diketahui, pergeseran tanah di Desa Bojong Koneng terjadi pada 14 September lalu, hingga hari ini setidaknya 500 jiwa lebih terdampak dari bencana alam ini.

Pada pemberitaan sebelumnya, Pergeseran tanah terjadi di Desa Bojong Koneng, Kecamatan BabakanMadang, Kabupaten Bogor, Kamis (15/9/2022).

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT