Simak! Duet Anies - AHY Bakal Kuat jika Disokong Tiga King Maker

Senin, 19 September 2022 16:20 WIB

Share
Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono. (foto: ist)
Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono. (foto: ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Partai Demokrat disebut bakal mengusung Anies Baswedan jika ketua umumnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Cawapres di Pilpres 2024.

Pengamat Politik Dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin mengatakan, saat ini ada tiga partai yang bakal mengusung Anies sebagai Capres. 

Tiga partai yang dimaksud, yakni Partai Nasdem, Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Jadi sih yang memungkinkan, saya melihat dari indikator-indikator tadi kelihatan mungkin PKS, Nasdem, Demokrat kalau mereka menemuni kata sepakat,” ujar Ujang Komaruddin sebagai Pengamat Politik 18 September 2022.

Ia menjelaskan, Partai NasDem kini sudah terang-terangan mendukung Anies di 2024. Sementara PKS kemungkinan kuat mengusung Anies, sebab selama ini selalu mendukung kebijakan Gubernur DKI Jakarta tersebut. 

Untuk Demokrat, rela mengusung Anies bila AHY dijadikan sebagai Calon Wakil Presidennya. 

Sementara, Direktur Eksekutif Indonedia Political (IPO), Dedi Kurnia Syah menilai bahwa duet AHY peluangnya cukup besar. 

“Peluang terusung cukup besar karena hanya tinggal memastikan Nasdem, sejauh ini hampir pasti Demokrat memiliki keeratan hubungan dengan PKS, sehingga dengan adanya Nasdem Anies-AHY berpotensial terusung,” ujar Dedi. 

Duet Anies-AHY akan semakin kuat jika disokong oleh tiga King Maker yaitu Surya Paloh, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jusuf Kalla. Karena dari tiga tokoh tersebut dianggap memiliki pengalaman di dunia politik dan kuat dalam hal logistik.

Dedi juga menyampaikan jika duet Anies-AHY berhasil akan sangat kompetitif dihadapkan dengan siapapun, entah itu Puan Maharani, Prabowo Subianto, atau tokoh lainnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar