Obrolan Warteg: Anies Menunggu Dipinang

Senin, 19 September 2022 06:48 WIB

Share

OBROLAN warteg, empat parpol,  Anies Baswedan, kesiapan Anies Baswedan, Calon presiden, Anies masih menunggu dipinang,  Menunggu dipinang,

 

OBROLAN warteg. Setidaknya empat partai politik ( parpol ) merespons kesiapan Anies Baswedan sebagai calon presiden tahun 2024. Empat parpol tersebut adalah Nasdem, Partai Demokrat, Partai Keadilan dan Kesejahteraan (PKS), serta Partai Amanat Nasional (PAN).

“Apakah Betul PAN ikut mendukung?” tanya Heri mengawali obrolan di warteg sinambi maksi bersama sohibnya, mas Bro dan Yudi.

“Ini baru bentuk dukungan pernyataan atas kesiapan, tetapi apakah parpolnya nanti mengusung Anies sebagai bakal capres. Itu nanti. Pencalonan Capres – Cawapres oleh parpol masih setahun lagi,” kata mas Bro.

“Lagi pula PAN terikat dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Golkar dan PPP untuk mengusung capresnya.Hingga kini KIB belum menentukan paslon capres - cawapres,” kata Yudi.

“Kalau PAN mengapresiasi kesiapan Anies lebih kepada parpol tersebut menyebut Anies sebagai salah satu tokoh yang diusulkan untuk diusung pada Pilpres 2024. Itu hasil Rakernas PAN,” tambah mas Bro.

Posisi PAN tak ubahnya Nasdem yang mencalonkan Anies menjadi salah satu dari tiga tokoh yang diajukan sebagai capres 2024. Bedanya Nasdem lebih tegas dan lugas, tetapi apakah akan tetap memilih Anies sebagai capres, belumlah final.Mengingat Nasdem perlu parpl lain yang sehati.

“Jadi semuanya masih abu-abu ya. Anies masih menunggu dipinang  secara resmi oleh parpol,” kata Heri.

“Kalaupun sudah dipinang, harus parpol koalisi yang memenuhi Presidential Threshold. Misalnya gabungan Nasdem, Demokrat dan PKS,” kata Yudi.
“Berarti jalan masih panjang dong,” ujar Heri.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar