5 Tips Merawat Kusen agar Tak Digerogoti Rayap

Senin, 19 September 2022 16:42 WIB

Share
Tips merawat kusen agar tak digerogoti rayap. (Sumber: Ivan Dipiadi)
Tips merawat kusen agar tak digerogoti rayap. (Sumber: Ivan Dipiadi)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kusen merupakan salah satu bagian penting dalam rumah. Setiap pintu dan jendela membutuhkan bingkai untuk dipasang dengan benar. Kusen pada pintu dan jendela dapat dibuat dari berbagai bahan seperti baja ringan, aluminium atau kayu.

Setiap kusen memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda, dan dari semua jenis tersebut, kusen kayu adalah yang paling umum digunakan karena cocok untuk semua model rumah. Untuk merawat jendela kayu di rumah Anda untuk mempertahankan keindahannya, Anda memerlukan serangkaian tips individu.

Tahukah Anda, musuh utama jendela kayu adalah rayap. Serangga kecil ini siap makan sedikit demi sedikit di jendela rumah Anda. Akibatnya struktur jendela menjadi keropos. Jendela semakin rapuh karena terus dimakan rayap. Masalah ini harus segera diperbaiki sebelum jendela rusak permanen. Jendela kayu juga paling rentan terhadap air, yang dapat menyebabkannya membusuk dan mudah runtuh.

Berikut tips dan trik untuk merawat kusen dan pintu kayu agar tidak mudah digerogoti oleh rayap.

1. Membersihkan jendela dan pintu dari debu secara teratur.

Jika kalian membersihkan jendela atau kusen yang berbahan dasar kayu pastikan membersihkanya setiap 2 kali sehari agar terhindar dari debu.

 jika sudah dilap menggunakan air jangan lupa dilap sekali lagi agar terhindar dari udara lembab karena udara lembab dapat menyebabkan tumbuhnya jamur yang mengundang rayap.

Jangan biarkan pintu atau jendela kayu berdebu karena mendiamkan pintu dan jendela kayu berdebu akan membuat kusam.         

2. Gunakan bahan pembersih dan pelapis agar tahan lama

Selain debu , kalian perhatikan juga kondisi rangka agar tidak terserang rayap atau jamur.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar