ADVERTISEMENT

Sudah Diakui Dunia, Sertifikat Gamelan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda dari UNESCO Diserahkan Pemerintah RI kepada Masyarakat

Sabtu, 17 September 2022 19:19 WIB

Share
Sekjen  Kemendikbudristek Suhart  menyerahkan sertifikat gamelan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) dari UNESCO) kepada masyarakat Indonesia. (ist)
Sekjen  Kemendikbudristek Suhart  menyerahkan sertifikat gamelan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) dari UNESCO) kepada masyarakat Indonesia. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Kini gamelan sudah diakui dunia sebagai warisan budaya. Sertifikat gamelan sebagai Warisan Budaya Tak Benda dari UNESCO diserahkan Pemerintah RI kepada masyarakat Indonesia sebagai pemilik budaya gamelan.

Pemerintah RI  menyerahkan sertifikat gamelan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), diwakili oleh Kemendikbudristek dan Kemenlu.

Dari Kemendikbudristek adalah Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, dan dari Kemenlu adalah Staff Ahli Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luar Negeri,  Siti Nugraha.

Ada pun pihak masyarakat diwakili oleh 14 Pemerintah Provinsi, Institut Seni Surakarta dan Maestro Gamelan (Alm.) Rahayu Supanggah dan Made Bandem.

Penyerahan dilakukan dalam acara Mahambara Gamelan Nusantara: “Gamelan Indonesia untuk Dunia”  di Lapangan Balai Kota Surakarta, Jumat, (16/9/2022)

“Warisan-warisan semuanya luar biasa. Warisan yang sudah diinisiasi dari tahun 2014 akhirnya mendapatkan pengakuan dan tentunya gamelan yang berupa musik tradisional Indonesia yang sudah dikenal luas di dunia,” ujar Suharti dalam sambutannya.

Pada kesempatan ini, Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Restu Gunawan, menambahkan bahwa penetapan gamelan sebagai WBTb merupakan kerja keras dari pemerintah daerah seluruhnya. "Ini sebenarnya kerja keras dari pemerintah daerah seluruhnya. Akhirnya gamelan ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda," katanya.

Siti Nugraha juga menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan gamelan sebagai WBTb berkat komitmen dan kolaborasi antar pemangku kepentingan. 

"Selamat atas keberhasilan gamelan sebagai WBTb. Hal ini tentu tidak lepas dari komitmen dan kolaborasi yang luar biasa antar pemerintah pusat, pemerintah daerah hingga komunitas pelaku budaya terkait yang terlibat bagi diplomasi kebudayaan Indonesia," ucapnya dalam sambutan.

Gamelan telah diusulkan kepada UNESCO sejak 2018 dan telah dinyatakan resmi masuk dalam daftar WBTb UNESCO melalui sidang ke-16 Komite Warisan Budaya Takbenda UNESCO di Paris, Prancis tanggal 15 Desember 2021. Gamelan ditetapkan bersama dengan 46 warisan budaya takbenda lain, diantaranya Nora, drama-tari di Thailand Selatan, dan Al-Naoor, kerajinan seni tradisional dari Irak. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT