Jagalah Moncongmu, Jangan Asal Jeplak!

Kamis, 15 September 2022 05:51 WIB

Share

Lidah memang tak bertulang. Lentur. Mudah keseleo. Karena itu, jagalah mulutmu. Jangan asal jeplak. Banyak pepatah soal jaga mulut.

Mulutmu, Harimaumu! Harimau adalah binatang buas. Semua orang juga tahu. Tapi, ada orang yang nekat memelihara Harimau. Asal dijaga, Harimau bisa jadi jinak. Tapi kalau tak dijaga, Harimau justru akan memangsa tuannya.

Lidah lebih tajam dari pedang. Karena omongan, seseorang bisa mati. Omongan yang membuat emosi dan sakit hati.

Betapa bahayanya jika kita tidak bisa menjaga lisan. Hati bisa terluka akibat sebuah ucapan, yang terkadang tak disadari orang yang mengucapkan.

Tak mudah menyembuhkan hati yang tergores karena ucapan. Meski tak berbekas, akan selalu terngiang, bahkan hingga akhir hidupnya.

Itulah mengapa, penting untuk menjaga lisan. Bahkan, ada yang mengatakan lebih baik diam, jika tidak mampu berbicara baik.

Imam al-Ghazali mengatakan, lidah itu sangat kecil dan ringan, tapi bisa mengangkatmu ke derajat paling tinggi dan bisa menjatuhkanmu di derajat paling rendah.

Akhir-akhir ini banyak orang yang tergelincir karena lidahnya. Seperti anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Effendi Simbolon, yang menyebut TNI seperti gerombolan.

Tak ayal, pernyataan wakil rakyat yang katanya terhormat itu, jelas membuat prajurit TNI AD naik pitam. Mereka meradang. Mulai dari level Kodim, Korem, Kodam, hingga Mabes TNI. Semua protes. Dengan caranya masing-masing. Ada yang divideokan dan diupload di medsos. Ada yang membuat pernyataan protes secara bersama-sama.

Protes itu sungguh wajar. Karena pernyataan Effendi Simbolon itu menjatuhkan marwah institusi TNI. Karena kata 'gerombolan' memiliki makna konotasi negatif. Gerombolan sering diartikan sebagai kawanan atau kelompok pengacau, perusuh, dan lain sebagainya.

Halaman
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar