ADVERTISEMENT

Pemerintah Kelabakan Tangani Bjorka, Mahfud MD: Belum Bisa Dikasih Gambaran Siapa dan di Mana Orang Ini

Rabu, 14 September 2022 15:51 WIB

Share
Mahfud MD dan ilustrasi Bjorka. (Foto: Diolah dari Google).
Mahfud MD dan ilustrasi Bjorka. (Foto: Diolah dari Google).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah dibuat kelabakan dengan tingkah hacker Bjorka yang belakangan meretas data-data pejabat. Sebuah kelucuan terjadi di gedung Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, hari ini.

Menkopolhukam Mahfud MD mengaku bahwa pemerintah telah berhasil mengidentifikasi sosok Bjorka. Tapi, tak ada penjelasan siapa hacker tersebut. Pemerintah justru berbicara ngambang, dan balik meruntuhkan pengakuan bahwa sebenarnya mereka belum mendapat apa-apa dari hasil kerja keras 'melacak' peretas yang kabarnya berada di luar negeri tersebut.

"Kita akan serius menangani dan sudah mulai menangani masalah ini. Kita terus memyelidiki karena gambaran-gambaran pelaku sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri,” kata Mahfud Md dalam konferensi pers hari ini.

Presiden Jokowi sebelumnya membentuk Tim Khusus untuk menangani serangan Bjorka, tim tersebut terdiri dari Kominfo, Polri, Badan Intelijen Negara (BIN) dan Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN).

Mahfud mengaku mereka telah melakukan rapat bersama membahas sosok peretas yang menyebut dirinya sebagai Bjorka, Mahfud MD mengaku sudah punya alat melacak identitas Bjorka.

Mahfud kemudian menyampaikan bahwa Tim Khusus bentukan Presiden Jokowi akan menindak secara serius masalah terkait hacker Bjorka.

Namun, dan di sini anehnya, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini malah mengatakan pihaknya belum bisa mengumumkan Identitas Bjorka, namun Ia mengatakan sudah memiliki alat untuk melacak itu semua. Hanya alat. Bukan tahu tentang siapa Bjorka.

"Memang belum bisa diumumkan gambaran-gambaran siapa dan di mana. Kita sudah punya alat melacak itu semua,” katanya.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi menggelar rapat di Istana Kepresidenan dan membentuk Tim Khusus untuk menangani serangan siber oleh hacker Bjorka.

Namun, meski sudah banyak spekulasi terkait identitas sang hacker, hingga sampai artikel ini ditayangkan, Identitas asli Bjorka belum terungkap kepublik.(*)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT