ADVERTISEMENT

Nah Lho! Hasil Survei, 68 Persen Pendukung Anies Tak Tahu BBM Selama Ini Disubsidi Pemerintah

Sabtu, 10 September 2022 17:26 WIB

Share
Pendiri SMRC, Saiful Mujani. (foto: ist)
Pendiri SMRC, Saiful Mujani. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Mayoritas pemilih partai politik dan presiden tidak mengetahui bahwa harga bahan bakar minyak (BBM) yang dikonsumsi di Indonesia disubsidi oleh pemerintah. 

Demikian hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk "Subsidi BBM di Mata Pemilih Partai," Sabtu, 10 September 2022.

Hasil survei yang disampaikan pendiri SMRC itu menunjukkan mayoritas pemilih partai tidak tahu bahwa BBM disubsidi, kecuali pada pemilih Nasdem, yang tahu dan tidak tahu diangka 50 persen. 

"Ada 58 persen massa pemilih PKB yang tidak tahu BBM disubsidi, Demokrat 59 persen, PKS 63 persen, PDIP 63 persen, PAN 66 persen, Gerindra 71 persen, Golkar 72 persen, dan PPP 79 persen," kata Saiful Mujani.

Saiful menyatakan, cukup terkejut dengan fakta bahwa mayoritas massa pemilih PKS dan PAN juga tidak tahu BBM disubsidi. 

"Kedua partai tersebut selama ini dikenal cenderung lebih melek literasi dibanding pemilih partai lain," ucapnya.

Sementara partai seperti PPP bisa dipahami karena basis sosialnya memang kebanyakan di wilayah perdesaan.

Sama dengan massa pemilih partai, mayoritas pendukung calon presiden juga tidak tahu bahwa harga BBM disubsidi pemerintah. 

Ada 68 persen pendukung Anies yang tidak tahu BBM disubsidi, 61 persen pendukung Ganjar Pranowo, dan 69 persen pendukung Prabowo Subianto. Hanya 32 persen pendukung Anies, 39 persen pendukung Ganjar, dan 31 persen pemilih Prabowo yang tahu BBM disubsidi.

Survei ini dilakukan secara tatap muka pada 5-13 Agustus 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Cahyono
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT