Cegah DBD, Warga Gg Kamboja Purwakarta 'Sulap' Saluran Air jadi Kolam Ikan

Sabtu, 10 September 2022 15:51 WIB

Share
Warga Gg Kamboja, Purwakarta menyulap selokan air jadi kolam ikan. (foto: dadan)
Warga Gg Kamboja, Purwakarta menyulap selokan air jadi kolam ikan. (foto: dadan)

PURWAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Tokoh masyarakat di Gg Kamboja, RT45/08, Kelurahan Nagri Tengah, Kabupaten Purwakarta menyulap selokan air menjadi kolam ikan.

" Ide awalnya, muncul keluhan warga selokan di lingkungan tempat tinggal jadi sarang nyamuk karena dipenuhi kotoran sampah," ungkap H Toni Mustomi Hidayat, tokoh masyarakat Gg Kamboja, Sabtu (10/09/2022).

Kini selokan tersebut menjadi bersih, dan indah di pandang karena ditanami Ikan air tawar. "Tidak ada lagi yang buang sampah di selokan," imbuhnya.

Toni menyebutkan saat ini baru dua jenis ikan yang ditebar yakni ikan Nila merah dan Ikan Mas yang dipelihara di selokan sepanjang 12 meter. Kedepan dia merencanakan menambah jenis ikan seperti lele, patin, mujair dan gurame.

Meski ikan-ikan itu dilepas bebas di selokan, bukan berarti hewan air ini boleh diambil sesukanya. Ikan yang hidup di selokan ini tetap  dijaga warga. Warga di sekitar lingkungan GG Kamboja turut menjaga turut kehadiran ikan yang ditanam di selokan pinggir jalan.

 

"Anak-anak juga bergembira melihat ikan yang berenang-renang, sambil memberi makan di pagi dan sore hari," ungkapnya.

Ikan-ikan yang dipelihara tidak hanya berasal dari bibit yang dibeli di pasar ikan, tetapi ada juga yang berasal dari sumbangan warga.

Diakuinya tidak ada perawatan khusus terhadap ikan ikan tersebut. Hanya saja, warga diimbau untuk tidak membuang sampah dan cairan berbahaya karena bisa mematikan ikan yang dipelihara. 

"Alhamdulillah, sejak selokan diberi ikan-ikan, baik masyarakat dan anak anak sekolah turut memelihara selokan seperti tidak buang sampah sembarang.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar