ADVERTISEMENT

Terkuak Usai Tes Poligraf, Diperintah Sambo, Bharada E Sempat Berdoa Dulu Sebelum Menembak Mati Brigadir J

Jumat, 9 September 2022 18:45 WIB

Share
Kolase foto Bharada E dan Ferdy Sambo (Foto: ist.)
Kolase foto Bharada E dan Ferdy Sambo (Foto: ist.)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Empat tersangka dan satu saksi kasus pembunuhan terhadap Brigadir Novriansyah Joshua Hutabarat alias Brigadir J telah menjalani pemeriksaan menggunakan lie detector atau tes poligraf alias alat deteksi kebohongan.

Dari pemeriksaan tersebut, Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajdi mengatakan bahwa Bharada E, Bripka RR dan Kuat Maruf dinyatakan jujur. 

Sementara Bareskrim  sendiri hingga hari ini belum merilis hasil tes alat yang memiliki akurasi hingga 93% terhadap Putri Candrawati dan saksi ART bernama Susi ke publik. Padahal, polisi juga mengatakan bahwa hasil poligraf itu bisa menjadi rujukan sebagai alat bukti di pengadilan.

"Kalau hasilnya bisa sampai 93% maka itu berarti ke pro justitia. Poligraf itu bisa masuk ke pasal 184 KUHAP sebagai alat bukti. Selain petunjuk juga bisa masuk ke keterangan ahli," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya ke wartawan.  

Sementara itu, mantan Kabareskrim Susno Duadji menyatakan bahwa hasil tes poligraf itu bisa meyakinkan. Namun tidak bisa dipakai sebagai alat bukti. Sebab, itu hanya menentukan berbohong atau tidaknya seseorang.

"Kalau orang sudah terbiasa berbohong, maka dia berkata benar bahwa dia bohong. Jadi dia benar, benar bahwa dia bohong," ungkapnya.

Makanya, lanjut Susno, saat ia menjadi Kabareskrim tidak pernah menggunakan alat itu. "Saya tidak pernah menggunakan alat ini," tegasnya.

Pengacara Bharada E, Ronny Talapessy mengatakan bahwa kliennya menjalani lie detector sudah sebulan lalu. Namun  diumumkannya bersamaan dengan yang lain. 

"Saya melihat klien kami ini jujur menyampaikan apa adanya. Kami bersama psikolog juga sudah menyampaikan jujur dengan apa yang terjadi, sesuai dengan apa yang disampaikan di BAP," ujar Ronny di acara dua sisi di TVONE beberapa hari lalu.

Ronny juga mengatakan bahwa Bharada E mengakui saat awal mengikuti skenario pertama. "Mengenai kejadian yang sudah disampaikan ke BPA. Dari awal lawyer juga sudah menyiapkan psikolog untuk mengetahui kejiawaan Bharada E," jelasnya. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT