ADVERTISEMENT

BEM SI Gelar Demonstrasi Tolak Kenaikan Harga BBM, Polisi Siagakan 5.000 Lebih Personel di Lokasi Vital Jakarta

Kamis, 8 September 2022 20:23 WIB

Share
Ilustrasi aksi demonstrasi mahasiswa. (Ahmad Tri Hawaari)
Ilustrasi aksi demonstrasi mahasiswa. (Ahmad Tri Hawaari)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Aksi demonstrasi menolak kenaikan harga BBM terus berlanjut di berbagai wilayah Indonesia, usai Presiden Jokowi resmi mengumumkannya.

Tercatat, hari ini Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) bakal menggelar aksi demonstrasi menolak kenaikan harga BBM di sekitaran area Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat.

Terkait hal tersebut, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin mengatakan bahwa pihaknya telah menyiagakan sebanyak 5.000 lebih personel gabungan yang di tempatkan di sejumlah lokasi vital, dalam rangka mengawal dan mengamankan jalannya aksi demonstrasi hari ini.

"Untuk jumlah personel, hari ini sesuai dengan Sprim, ada sebanyak 5.800 personel yang disiapkan di seluruh wilayah Jakarta Pusat, salah satunya di kawasan Patung Kuda," kata Komarudin saat dihubungi, Kamis (8/9/2022).

Mantan Kapolres Metro Tangerang Kota itu juga menuturkan, untuk hari ini saja, di wilayah hukuk Polres Metro Jakarta Pusat terdapat 8 lokasi yang menjadi titik dilangsungkannya aksi demonstrasi.

Namun, ujar Komarudin, aksi tersebut tidak semuanya berfokus pada substansi menolak kenaikan harga BBM yang belakangan menuai kritik di mata publik.

"Jadi untuk yang di Patung Kuda itu substansi tuntutannya menolak kenaikan harga BBM. Tapi yang 8 titik lainnya tidam ada kaitan dengan kenaikan harga BBM," paparnya.

"Tapi tetap, untuk menjaga dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, di 8 titik selain Patung Kuda juga sudah kami tempatkan anggota untuk pengamanan," sambungnya.

Selain itu, terkait dengan rekayasa lalu lintas, ucap dia, diberlakukan situasional dengan melihat situasi dan kondisi yang terjadi di lapangan nanti.

"Rekayasa lalin situasional ya. Kalau mungkin nanti massa aksi bisa seperti yang kemarin, yaitu menggelar aksi di parkiran barat (Jalan Medan Merdeka Barat) kita tidak akan lakukan penutupan," terang Komarudin.

"Jadi kami berharap yang hari ini akan menyampaikan aspiraisinya bisa seperti yang kemarin, yakni dengan memanfaatkan ruas Jalan Medan Merdeka Barat sehingga akses masyarakat tidak tertutup," papar Komarudin.

Harga BBM Naik

Untuk diketahui, Pemerintah secara resmi menaikkan harga BBM bersubsidi pada Sabtu (3/9/2022) siang.

Kenaikkan harga BBM tersebut berlaku satu jam dari pengumuman.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Hari ini tanggal 3 September Tahun 2022 pukul 13.30 pemerintah memutuskan untuk menyesuaikan harga BBM subsidi," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif dalam konferensi pers secara daring, Sabtu (3/9/2022).

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT