ADVERTISEMENT

Sosok Ini dan Putri Candrawathi Bakal Diperiksa dengan Lie Detector, Apakah Efektif? Akankan Polri ‘Tergocek’ Lagi?

Selasa, 6 September 2022 18:29 WIB

Share
Putri Candrawathi (Foto: ist.)
Putri Candrawathi (Foto: ist.)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Polri akan kembali melakukan pemeriksaan terhadap salah satu tersangka kasus pembunuhan Brigadir J, Putri Candrawathi pada Selasa (6/9/2022). Akan tetapi, kali ini istri Ferdy Sambo akan diperiksa dengan lie detector bersamaan dengan seorang asisten rumah tangganya.

Hal ini kemudian ditanggapi oleh Jhon Sitorus yang ingin melihat sejauh mana Putri Candrawathi bisa memberikan keterangan palsu. Ia juga mempertanyakan akankah Polrikembali ‘tergocek’ atau terkecoh dengan pengakuan istri mantan Kadiv Propam Polri itu.

Sementara di sisi lain, ahli psikolog forensik Reza Indragiri menyatakan soal pemeriksaan menggunakan alat pendeteksi kebohongan atau lie detector itu tidaklah efektif.

 

Diketahui, Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian mengatakan Putri Candrawathi akan menjalani pemeriksaan ketiga yang bertempat di Puslabfor Polri di Sentul, Bogor.

Selain Putri Candrawathi, dia menerangkan bahwa satu orang asistem rumah tangga di rumah Irjen Pol Ferdy Sambo yakni Susi turut diperiksa oleh penyidik. Namun status Susi hingga kini sebagai saksi.

"Hari ini diperiksa PC dan saksi, Susi. Di Puslabfor Sentul," katanya, Selasa (6/9/2022).

Sementara , menurut Reza Indragiri, hasil dari pemeriksaan lie detector terkesan pseudoscience atau tidak terbukti secara saintifik.

"Tidak efektif. Bahkan pseudoscience saja itu. Kapolri tekankan harus saintifik toh. Ampun-ampun deh kalau masih berputar-putar di situ," tegas Reza Indragiri.

 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT