ADVERTISEMENT

Wow! Mendagri dan Jaksa Agung Dianugerahi Gelar Adat Melayu oleh LAM Jambi

Minggu, 28 Agustus 2022 12:36 WIB

Share
Penganugerahan Adat Melayu Jambi kepada Mendagri Muhammad Tito Karnavian dan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin. (ist)
Penganugerahan Adat Melayu Jambi kepada Mendagri Muhammad Tito Karnavian dan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian bersama Jaksa Agung 

Sanitiar Burhanuddin dianugerahi gelar adat melayu dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi,  Sabtu  (27/8/2022).

Mendagri mendapatkan anugerah tingkat utama Sri Paduko Setyo Payung Negeri dan Jaksa Agung Sri Paduko Agung Mustiko Alam.

Selain itu, istri Mendagri yakni Tri Tito Karnavian maupun istri Jaksa Agung Sruningwati Burhanuddin juga mendapatkan penghargaan Karang Setyo. 

Penganugerahan tersebut berlangsung di Balairung Sari LAM Jambi, Provinsi Jambi. Aapun prosesi penganugerahan tersebut dilakukan oleh Gubernur Jambi Al Haris selaku Dewan Pembina LAM Provinsi Jambi dan Ketua LAM Provinsi Jambi Hasan Basri Agus.

Mendagri yang mengenakan pakaian adat melayu Jambi tiba di Balairung Sari LAM Jambi dengan menaiki mobil hias Kajang Lako. Ia disambut iringan tabuhan Kompangan yang merupakan musik tradisional Provinsi Jambi. Rombongan juga disambut dengan pencak silat tari melayu Jambi, serta tari tradisional sekapur sirih. 

Sebelum menaiki anak tangga Balairung Sari, Mendagri menginjakkan kakinya ke kepala kerbau sebagai rangkaian dari prosesi upacara pemberian gelar adat. Kemudian dilanjutkan dengan ritual tabur beras kunyit. 

Penganugerahan gelar adat melayu ini ditandai dengan penyisipan keris, pengalungan selempang dan medali, penyematan pin, serta penyerahan piagam adat melayu Jambi.

 Dalam sambutannya, Ketua LAM Provinsi Jambi Hasan Basri Agus mengatakan,  penganugerahan gelar adat tersebut pada prinsipnya merupakan tonggak kultural bagi masyarakat adat Jambi. Ini sebagai bentuk menjunjung tinggi pemimpin negeri maupun pemerintahan yang tangguh serta menjadi teladan bagi masyarakat Jambi. Oleh karenanya, Mendagri dan Jaksa Agung diberikan gelar adat tersebut.

Selain itu, lanjut dia, penganugerahan gelar adat ini juga diberikan karena mempertimbangkan jasa pengabdian atau kedudukan seseorang dalam lingkungan masyarakat. Dirinya juga menyebutkan deretan nama tokoh nasional yang telah mendapat penganugerahan gelar adat melayu Jambi.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT