ADVERTISEMENT

Ini Jurus Sudinkes Jakarta Utara Antisipasi Cacar Monyet

Rabu, 24 Agustus 2022 10:06 WIB

Share
Ilustrasi Cacar Monyet.
Ilustrasi Cacar Monyet.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Utara, melakukan proses antisipasi penyebaran cacar monyet. 

Diketahui kasus cacar monyet di DKI Jakarta terindetifikasi pada seorang pria berumur 27 tahun, tertanggal 19 Agustus 2022, setelah melakukan Test PCR. 

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara, Lysbeth Regina Pandjaitan, menuturkan pihaknya melakukan edukasi di Puskesmas dan rumah sakit serta tenaga kesehatan setempat.

“Apabila terdapat gejala terkait cacar monyet tersebut bisa melaporkan ke jenjang vertikal apabila ada laporan dugaan kasus,” ucapnya melalui pesan singkat, Selasa 23 Agustus 2022.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan puskesmas untuk melakukan penyelidikan epidemiologi agar mengetahui faktor penyebab timbulnya wabah tersebut.

“Bekerjasama dengan pihak puskesmas dan melakukan penanggulangan apabila nanti sekiranya ada dugaan kasus,” ucapnya 

Lysbeth menambahkan pihaknya melakukan program komunikasi resiko dengan jajaran pemerintahan, seperti pihak kecamatan maupun kelurahan. 

“Komunikasi Resiko yaitu sebuah program untuk melakukan pendekatan terhadap masyarakat yang di dalamnya terdapat beberapa program seperti promkes, hiv, serta cacar monyet,” ucapnya 

Jakarta Utara sendiri sampai saat ini belum terdapat masyarakat yang terindentifikasi atas wabah tersebut. Namun tetap dilakukan edukasi terhadap instansi kesehatan lainnya. (cr01) 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT