ADVERTISEMENT

3 Orang Kedapatan Kontak Erat dengan Pasien Pertama Cacar Monyet, Hasil Tracing Dinkes DKI

Senin, 22 Agustus 2022 16:39 WIB

Share
Cacar Monyet
Cacar Monyet

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta bakal melakukan tracing kepada warga yang kedapatan kontak erat dengan pasien pertama cacar monyet. Langkah itu, untuk memutus rantai penularan.

Kepala Dinkes DKI Jakarta, Widyastuti menyampaikan, sejauh ini hasil tracing menemukan 3 (tiga) orang kontak erat. Dan sampai saat ini, ketiganya dalam kondisi baik dan tidak mempunyai keluhan kesehatan.

"Sebelum ditemukannya kasus pertama ini, kami sudah pernah menerima laporan dan melakukan penyelidikan epidemiologi pada 11 orang terduga yang ditemukan sejak 20 Mei 2022, yang semuanya setelah melalui pemeriksaan laboratorium diketahui negatif cacar monyet," ujar Widyastuti dalam keterangannya, Senin, (22/8/2022).

 

Widyastuti juga menyebut, pihaknya akan terus memantau perkembangan kondisi pasien dan seluruh orang yang kedapatan kontak erat. "Pasien cukup kooperatif dan terbuka dengan tim kami. Kondisi pasien juga sudah membaik," ucap Widyastuti.

Sejak awal adanya sinyal peningkatan kasus cacar monyet di dunia, hingga ditetapkannya cacar monyet sebagai penyakit yang dapat menjadi darurat kesehatan global atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) oleh World Health Organization (WHO) sejak 23 Juli 2022.

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta terus mewaspadai ancaman penyakit ini dengan terus meningkatkan surveilans cacar monyet melalui jejaring fasilitas kesehatan dan Organisasi Profesi Kesehatan di Jakarta.

 

Anak buah Anies ini juga mengatakan, masyarakat diimbau tidak panik, tetapi tetap waspada. Upaya mencegah penularan cacar monyet dapat dilakukan dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Sebagai informasi, pasien tersebut mengalami keluhan kesehatan beberapa hari setelah kembali ke Indonesia, pasca perjalanan wisata ke beberapa negara di Eropa Barat, pada tanggal 8 Agustus 2022 lalu

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT