ADVERTISEMENT

Menteri BUMN Erick Thohir Dukung Digitalisasi Transaksi di Pasar Induk Caringin

Minggu, 14 Agustus 2022 15:52 WIB

Share
Menteri BUMN Erick Thohir Saat Mengunjungi Pasar Caringin Bandung. (ist)
Menteri BUMN Erick Thohir Saat Mengunjungi Pasar Caringin Bandung. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dorong tingkat inklusi keuangan di Indonesia, Menteri BUMN, Erick Thohir menilai program percepatan digitalisasi transaksi di pasar tradisional yang dilakukan Bank Mandiri akan membawa banyak manfaat bagi pedagang dan perbankan.

"Saya apresiasi program Bank Mandiri yang menginisiasi Livin’ Pasar di Pasar Caringin ini. Kemarin dilakukan di Yogyakarta, Pasar Beringharjo. Program ini akan memberi banyak manfaat bagi pedagang sehingga saya terus dorong agar direplikasi di sebagian besar pasar rakyat atau tradisional," ujar Erick Thohir dalam keterangan resminya, Minggu, (14/8/2022).

Ia juga menambahkan, digitalisasi pasar yang mensinergikan pemerintah pusat, daerah dan regulator akan memberi dampak positif berupa peningkatan kegiatan transaksi non tunai ke depan sehingga akan banyak pedagang dan pelaku UMKM naik kelas.

Erick Thohir mengatakan Indonesia tidak boleh hanya menjadi pasar atau konsumen di tengah perkembangan perdagangan secara digital.

“Ketika kita hanya menjadi market atau pasar, tidak ada investasi yang masuk ke kita untuk pembuatan lapangan pekerjaan yang membuat pertumbuhan ekonomi kita lebih besar dari negara lain," ucap Erick.

Adaptasi diperlukan untuk merealisasi potensi ekonomi digital di Indonesia yang mencapai 328 miliar dolar AS pada 2030 atau mencapai 40 persen dari total potensi ekonomi digital di Asia Tenggara.

Karena itu, lanjutnya, pemerintah membuat kebijakan agar Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia dapat diproses di dalam negeri guna membuka lebih banyak tenaga kerja, termasuk SDA yang dibutuhkan dalam perkembangan digitalisasi.

BUMN, kata dia, juga didorong untuk melakukan transformasi digital dengan berinovasi dan mendorong pembangunan ekosistem yang dapat membuat bisnis mereka lebih efisien dan memberikan keuntungan. (wanto)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT