Jelang Peringati HUT RI ke-77 Tahun, Konduktor Wanita Pertama Pimpin GBN 2022 di Istana Merdeka

Sabtu, 13 Agustus 2022 16:10 WIB

Share
Kehadiran Gita Bahana Nusantara (GBN) saat latihan. (ist)
Kehadiran Gita Bahana Nusantara (GBN) saat latihan. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Tak lama lagi Indonesia akan memperingati Hari Kemerdekaan ke- 77 tahun.

Upacara peringatan HUT RI selalu menjadi magnet tersendiri.

Kehadiran Gita Bahana Nusantara (GBN) dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia selalu menjadi magnet tersendiri.

Penampilan GBN menjadi salah satu segmen yang dinanti karena berisi suguhan apik dari putra-putri bangsa yang bertalenta di bidang musik dan vokal.

GBN tahun ini makin menarik karena pergelaran akan dipimpin oleh konduktor wanita pertama pemilik gelar ganda lulusan lulusan University of Melbourne.

“GBN tidak sekadar paduan suara dan orkestra namun juga sebagai wadah pembentukan karakter dan bentuk rasa cinta terhadap tanah air, yang disajikan saat Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, yang tahun ini menginjak usia 77 tahun,” kata Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek, Hilmar Farid, Sabtu (13/8/2022).

Tiba di Wisma Kinasih, 6 Agustus 2022 kemarin, peserta Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara menjalani pemusatan latihan yang berlangsung kurang lebih selama 14 hari.

Pelatihan terbagi dalam dua sesi diantaranya sesi pertama adalah latihan seksional yakni sopran, alto, tenor dan bass untuk paduan suara dan string, serta tiup dan perkusi untuk orkestra; yang berlangsung masing-masing secara terpisah pada pagi hingga sore hari.

Sesi kedua yaitu latihan gabungan yang melibatkan paduan suara dan orkestra yang dilaksanakan pada malam hari.

Peserta yang berjumlah 199 orang ini terdiri atas 68 peserta orkestra dan 131 peserta paduan suara yang telah melalui proses seleksi ketat di tingkat provinsi.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar