Menteri Luhut Binsar Pandjaitan Hadiri Ground Breacking Exit Tol di Pandeglang, Beberkan Utang Indonesia Capai Rp 7 Ribu T

Senin, 8 Agustus 2022 14:42 WIB

Share
Foto : Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Marves. (Poskota/Samsul Fatoni)
Foto : Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Marves. (Poskota/Samsul Fatoni)

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan, beberkan utang Indonesia sebesar 7 ribu triliun, salah satunya anggaran untuk pembangunan jalan Tol Serang-Panimbang, Banten, dari Cina.

Piutang sebesar Rp 7 ribu triliun itu, tapi salah satunya seperti pembangunan jalan Tol Serang-Panimbang. Artinya, ketika pembangunan itu berjalan simpul - simpul ekonomi akan timbul dan dengan sendirinya akan membayar utang tersebut.

"Iya memang betul utang kita Rp 7 ribu triliun. Tapi seperti ini, kalau ini dibangun (jalan tol-red) maka simpul-simpul ekonomi timbul, dan utang itu akan terbayar dengan sendirinya," ungkap Menteri Luhut usai melakukan ground breacking exit Tol Serang - Panimbang di Pandeglang, Senin (8/8/2022).

Namun kata Menko, utang Indonesia sebesar itu merupakan utang terkecil di dunia, dan semua itu utang yang produktif dan hal itu dimenej dengan baik. "Sebetulnya kita salah satu negara yang punya utang terkecil di dunia," jelasnya.

Pinjaman anggaran untuk pembangunan jalan Tol Serang - Panimbang ini lanjut Menko, memang eximbank. Dan jalan tol ini nantinya akan mengembalikan dengan sendirinya, karena simpul - simpul ekonomi akan timbul.

"Jadi, kita jangan tipu bohongi rakyat dengan informasi - informasi yang salah. Pemerintah tidak bodoh - bodoh amat, kita pinter - pinter kok. Jadi kita tahu yang mesti kita lakukan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Menko Luhut berpesan kepasa Menteri PUPR terkait pembangunan jalan Tol Serang - Panimbang ini harus deliver pembangunannya, karena pihaknya ingin lihat di tahun 2024 selesai.

"Saya juga berharap kepada Pemerintah Daerah berkolaborasi dengan baik kaitan dengan pembangunan jalan tol ini. Saya minta jangan dibikin aneh - aneh, kita akan dorong supaya semua berjalan dengan cepat," pesannya. (Samsul Fatoni)

Reporter: Samsul Fathony
Editor: Novriadji Wibowo
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar