Lukisan Tentang Yesus Koleksi Putra Mahkota Arab Saudi Diungkap Film Prancis Ini

Selasa, 2 Agustus 2022 15:00 WIB

Share
Salvator Mundi koleksi Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.
Salvator Mundi koleksi Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

PRANCIS, POSKOTA.CO.ID - Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menekan pihak berwenang di Prancis untuk berbohong tentang keaslian lukisan palsu yang dia beli pada 2017.

Hal ini disinggung dalam film dokumenter Prancis.

Dia melakukannya untuk menghindari cemoohan publik karena menghabiskan ratusan juta dolar untuk membeli lukisan yang diyakini sebagai karya seniman Renaissans Italia Leonardo da Vinci.

Lukisan ini berjudul “Salvator Mundi” atau “Juru Selamat Dunia”. Lukisan tentang Yesus ini dijual kepada Mohammed bin Salman dengan harga rekor 450 juta dolar di balai lelang Christie di New York pada 2017.

Pembuat film Prancis Antoine Vitkine dalam dokumenternya "The Savior for Sale" yang ditayangkan TV Prancis menyebutkan lukisan ini tidak sepenuhnya merupakan karya Leonardo da Vinci.

Masalah ini menjadi berita utama ketika lukisan ini gagal muncul seperti yang direncanakan di museum Louvre Abu Dhabi pada 2018. Kemudian pada pertunjukan istimewa Leonardo da Vinci oleh Louvre di Paris pada tahun berikutnya.

“Bukti ilmiahnya adalah Leonardo da Vinci hanya memberikan sumbangan pada lukisan itu. Tidak ada keraguan,” kata seorang pejabat senior pemerintah Prancis yang menggunakan nama sandi Jacques dalam film tersebut.

Dia mengatakan Louvre telah memberitahukan temuannya ke Putra Mahkota Arab Saudi. Tetapi dia menolaknya.

“Mohammed bin Salman menetapkan syarat yang sangat jelas, tunjukkan Salvator Mundi di samping Mona Lisa tanpa penjelasan lain, tunjukkan sebagai 100 persen Leonardo da Vinci,” ucap Jacques.

Pejabat ini mengatakan bahwa Arab Saudi telah menawarkan berbagai kesepakatan.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar