ADVERTISEMENT

Pagi Ini Kuburan Brigadir J Bakal Dibongkar, Proses Autopsi Dilakukan oleh Pakar Forensik dan Disaksikan Pengacara

Rabu, 27 Juli 2022 05:33 WIB

Share
Makam Brigadir J menjelang pembongkaran. (Foto: ist)
Makam Brigadir J menjelang pembongkaran. (Foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Penggalian kubur (ekshumasi) Brigadir Pol Novryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J di Jambi bakal dilakukan oleh Tim Khusus bentukan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit pada pagi ini, Rabu 27 Juli 2022 pagi ini pukul 07.30 WIB.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, penggalian kubur ulang kepada Brigadir J itu dilakukan sejak pagi hari ini. Pasalnya, jenazah akan langsung dibawa ke RSUD Sungai Bahar, Jambi untuk dilakukan proses autopsi ulang.

"(Dimulai) pukul 07.30 WIB. (Diautopsi) di RSUD," ujar Dedi saat dikonfirmasi wartawan, Selasa 26 Juli 2022, malam.

Untuk diketahui, proses ekshumasi mendiang Brigadir J turut melibatkan Kedokteran Forensik Indonesia, para pakar forensik, hingga pengacara.

Dalam hal ini, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa juga memastikan ada anggotanya yang ikut dalam autopsi ulang Brigadir Yosua. Dokter yang bergabung, yakni dokter F dari RSPAD Gatot Soebroto.

Andika Perkasa mengatakan, dokter F dipilih oleh Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia bukan dari TNI yang menunjuknya. Dengan begitu, independensi TNI dalam kasus ini jelas.

Sebelumnya, Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo, mengatakan bakal menyampaikan hasil autopsi jenazah Brigadir J. Rencanaya penyampaian hasil autopsi itu juga akan ditemani dengan kuasa hukum keluarga mendiang Brigadir J.

"Dan dalam kesempatan ini, saya sampaikan sebagai wujud keterbukaan penyidik, Insyaallah besok dari pihak keluarga akan diterima oleh penyidik dan tentunya didampingi oleh pihak pengacaranya," ujar Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan. (zendy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT