ADVERTISEMENT

Nelayan Labuan Hilang di Perairan Pulau Peucang Saat KM Sumber Sari 2 Alami Kecelakaan Laut Akibat Gelombang Tinggi

Senin, 25 Juli 2022 13:31 WIB

Share
Tim SAR saat persiapan melakukan pencarian nelayan Pandeglang yang hilang. (Foto: Ist).
Tim SAR saat persiapan melakukan pencarian nelayan Pandeglang yang hilang. (Foto: Ist).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID -  Dirman (30) seorang nelayan asal Labuan, Pandeglang dinyatakan hilang di perairan Pulau Cipeucang, Kecamatan Sumur pada Sabtu (23/7/2022) lalu.

Hilangnya seorang nelayan tersebut, saat Kapal Nelayan KM.Sumber Sari 2 mengalami kecelakaan laut akibat gelombang tinggi. Akibatnya, ABK itu hanyut dan saat ini belum ditemukan.

Belum diketemukannya nelayan tersebut, lantaran tim penyelamat terkendala oleh cuaca dan kondisi laut di wilayah Sumur sedang mengalami gelombang besar. 

Kepala Kantor SAR Banten, Adil Triayanto mengungkapkan, peristiwa yang membuat korban hilang itu kejadiannya pada Sabtu lalu, kemudian pihaknya mendapatkan laporan hilangnya satu orang nelayan itu pada Minggu (24/7/2022).

"Kami mendapatkan laporan nelayan hilang itu kemarin (Minggu, red), kami langsung menerjunkan tim untuk melakukan pencarian," ungkapnya, Senin (25/7/2022). 

Namun kata dia, upayanya dalam melakukan pencarian kemarin itu belum juga menemukan hasil. Maka dari itu, pihaknya pada hari ini melanjutkan kembali proses pencarian korban bersama tim SAR gabungan. 

"Dalam pencarian kemarin tim SAR gabungan melakukan disekitar LKP (Lokasi Kejadian Peristiwa) dengan keluarga korban dan nahkoda kapal KM. Sumber Sari 2 dengan radius sekitar 50 NM," katanya.

Masih sulitnya menemukan korban, karena dalam pelaksanaannya para tim menemukan kendala cuaca yang ekstrim dan gelombang laut sedang tinggi. Apalagi kordinat Pulau Peucang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. 

"Proses pencarian terkendala oleh kondisi gelombang laut tinggi hingga 1.5 M. Kondisi itu membuat jarak pandang khususnya yang berada di alut yang digunakan pencarian menjadi terbatas," ujarnya.

Ditambahkannya, hari ini pihaknya telah mengintruksikan kepada timnya untuk memperluas pencarian dan memaksimalkan pencariannya tersebut.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT