Duet SBY Jusuf Kalla dan Surya Paloh Turun Gunung Jadi King Makers di Pilpres 2024, Parpol Bakal Ketar Ketir Nih! 

Senin, 25 Juli 2022 18:28 WIB

Share
Kolase foto SBY, JUsuf Kalla dan Surya Paloh. (ist/diolah dari google.com)
Kolase foto SBY, JUsuf Kalla dan Surya Paloh. (ist/diolah dari google.com)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Jelang pilpres 2024 sudah banyak partai politik yang bermanuver menjadi teman koalisinya.

Sebut saja Koalisi Indonesia Bersatu yang sudah dideklarasikan Golkar, PPP dan PAN.

Namun pada tahun ini, Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul memprediksi bakal ada hal yang menarik.

Di mana ketiga parpol tersebut adalah Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS yang menurutnya berpeluang besar untuk membentuk koalisi. “Peluang mereka besar karena didukung king maker seperti Jusuf Kalla, Surya Paloh, dan SBY,” ujar Adib seperti dikutip berita jakarta.poskota.co,id.

Selain itu, Adib juga menilai poros tersebut bisa bersatu lantaran Partai Demokrat dan PKS punya persamaan dari segi kekuatan. “PKS dan Demokrat sudah berteman sejak rezim nya Pak SBY. Bahkan, saat ini mereka berdua jadi oposisi di era Presiden Jokowi,” ucapnya.

Namun menurtnya, Partai Nasdem diduga menjadi poros penting justru akan membubarkan koalisi tersebut. “Apakah NasDem itu bisa bergabung dengan kedua partai itu? Sebab, Partai NasDem itu ada di dalam pemerintahan Jokowi,” jelas Adib.

Meski begitu, Adib menilai politik merupakan hal yang cair dan berkutat pada persoalan kepentingan saja.

Adib juga menyebut hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa koalisi tersebut belum terbentuk hingga saat ini.

“Saya kira wajar. Menurut saya, pengumuman koalisi itu akan terjadi menjelang penetapan capres. Bisa jadi nanti didekalrasikan pada akhir 2023,”  tutupnya.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar