ADVERTISEMENT

Bikin Geger! 1 Kontainer Senjata Tempur US Army Ditemukan di Pelabuhan Panjang, Humas Pelindo: Bukan Senjata Ilegal

Minggu, 24 Juli 2022 11:26 WIB

Share
Satu kontainer senjata perang disegel karena tak dilengkapi manives (Ist/Poskota Lampung)
Satu kontainer senjata perang disegel karena tak dilengkapi manives (Ist/Poskota Lampung)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

LAMPUNG, POSKOTA.CO.ID -  Geger, satu truk kontaininer  berisi senjata tempur milik US Army ditemukan di Pelabuhan Panjang, Jumat (22/7/2022), pukul 22.00 WIB.

Truk berisi senjata militer tersebut masuk dalam daftar ijin impor yang diajukan vendor PT JT Square. Informasi yang menggegerkan itu menyebar di media sosial.

Wakil General Manager Bidang Humas Pelindo 2 Panjang Frans Rahardian dikonfirmasi Poskota Lampung., Minggu (24/7/2022), menjelaskan bahwa satu kontainer senjata tempur perorangan itu bukan selundupan atau barang ilegal.

"Dari sekian kontainer, satu kontainer itu yang tak ada manivesnya. Saat ini. TNI AD sedang mengurusnya," ujar Frans Rahadian.

Petugas pelabuhan melanjutkan pemeriksaan pada Sabtu (23/7/2022) mulai pukul 08.00 WIB. 

Dijelaskan Frans juga, barang-barang tersebut untuk kegiatan TNI AD dengan tentara Amerika, UD Army tersebut sudah rutin selama ini tiap tahun. Catatannya, kegiatan dilaksanakan 21-31 Juli dilanjutkan tanggal 13 hingga akhir Agustus 2022.

Dari rekaman yang diperoleh Poskota Lampung via WA Grup, PasIntel korem 043 Gatam juga menjelaskan bahwa ada satu kontainer yang belum dilengkapi manives untuk latihan (Garuda Shield ke-16 Tahun 2022) yang akan dibuka 4 Agustus nanti,  bukan senjata selundupan.

Tahun lalu, pasukan TNI AD dan pasukan AD Amerika Serikat (US Army) melakukan latihan bersama (latma) terbesar bertajuk Garuda Shield ke-15 Tahun 2021 mulai hari ini, Minggu (1/8). Latma akan berlangsung hingga 14 Agustus.

TNI AD menjelaskan, latihan digelar di tiga daerah latihan, yaitu Baturaja (OKU, Sumsel), Makalisung (Minahasa Utara, Sulut), dan Amborawang (Kukar, Kaltim).

Baca Juga:
Momentum Hari Anak Nasional, Ini Pesan Wagub Ariza untuk Remaja 'SCBDJumlah personel yang terlibat dalam Garuda Shield 15/2021 cukup banyak, yaitu 2.246 personel TNI AD dan 2.282 personel US Army. Latihan ini merupakan yang terbesar dalam sejarah kerja sama militer AD kedua negara, yang diiniasi oleh KSAD Jenderal Andika Perkasa bersama mitranya. [HBM]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT