Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko Peringati Hari Anak Nasional: Momentum Wujudkan Generasi Emas 2045

Sabtu, 23 Juli 2022 18:55 WIB

Share
Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko. (ist)
Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kepala Staf Kepresidenan, Dr. Moeldoko menegaskan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022, harus menjadi momentum untuk mewujudkan generasi emas 2045. 

Ia menyebut, generasi emas diharapkan menjadi generasi unggul, bermartabat, mampu menguasai, memanfaatkan perkembangan sains dan teknologi, serta memiliki karakter nilai-nilai ideologi Pancasila dan nasionalisme. 

"Tugas kita mewujudkan generasi emas di tengah pandemi Covid-19 dan tantangan peradaban baru belum selesai. Hari anak harus jadi momentum untuk saling memperkuat komitmen, sinergi, dan kolaborasi wujudkan generasi emas 2045," ucap Moeldoko, Sabtu (23/7/2022).

Menurutnya, mewujudkan generasi emas dibangun dengan sistem perlindungan dan pemenuhan hak Anak sejak dalam kandungan.

Untuk itu, ujar dia, pemerintah telah merancang road map untuk melahirkan generasi-generasi unggul melalui berbagai program dan kebijakan. 

Moeldoko mencontohkan, program Manajemen Talenta Nasional, Inpres Jaminan Persalinan (Jampersal), Perpres percepatan penurunan stunting, Perpres penanggulangan tuberkulosis, hingga Perpres penanganan kekerasan pada anak. 

"Itu semua wujud nyata keseriusan Presiden Jokowi dalam menciptakan generasi unggul," jelasnya. 

Moeldoko juga memastikan, melalui Peraturan Pemerintah No 78/2021, negara juga hadir untuk anak yang membutuhkan perlindungan khusus.

Seperti anak berhadapan dengan hukum, menjadi korban jaringan terorisme, korban kekerasan dan kejahatan seksual, dan menjadi korban dalam situasi darurat atau bencana.

Pada kesempatan itu, Panglima TNI 2013-2015 menyampaikan apresiasi kepada  kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan seluruh elemen masyarakat, yang telah bekerja keras menurunkan stunting, kekerasan, perkawinan usia anak, dan penurunan pekerja anak.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar