ADVERTISEMENT

Hujan Deras Intensitas Tinggi Sebabkan Sebanyak 304 Rumah Terendam Banjir di Kabupaten Karawang

Minggu, 17 Juli 2022 17:15 WIB

Share
Hujan Deras Sebabkan Banjir di Karawang. (ist)
Hujan Deras Sebabkan Banjir di Karawang. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID - Akibat hujan deras beberapa hari ini mengakibatkan sebanyak 304 rumah terendam banjir di Telukjambe Barat Desa Karangligar Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Sabtu  (16/7/2022) sore.

Hujan dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi yang menyebabkan meluapnya aliran sungai Cidawolong, dan Kedunghurang ke permukiman penduduk pada pukul 16.30 WIB.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan, pada Sabtu (16/7) sore hari.

Air masih menggenangi sebagian rumah warga, dan warga masih bertahan di rumah masing masing.

Abdul Muhari, Ph.D. Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam keterangannya, Minggu (17/7/2022) terdapat sekitar 200 KK atau 1.192 jiwa terdampak dan 304 unit rumah, 2 unit fasilitas ibadah, dan 3 unit fasilitas umum tergenang banjir dengan ketinggian antara 10 hingga 100 cm.

"Belum ada laporan korban jiwa  maupun masyarakat yang mengungsi akibat kejadian ini," tandas Abdul Muhari. 

Berdasarkan laporan Badan Meterologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk wilayah Kabupaten Karawang, pada Minggu (17/7) kondisi berawan sedangkan pada Senin (18/7/2022) cuaca akan berawan dan hujan dengan intensitas ringan.

Sementara itu hasil dari Inarisk BNPB, wilayah Kabupaten Karawang memiliki level risiko dengan tingkat sedang dan tinggi dengan wilayah 30 kecamatan yang terdapat di Kabupaten Karawang berisiko terkena banjir.

BNPB mengimbau Pemerintah daerah dan masyarakat untuk antisipasi potensi waspada bahaya banjir susulan.

Mengantisipasi terjadinya banjir Pemerintah Daerah dan masyarakat dapat dengan menjaga sungai dan selokan tetap bersih agar mampu menampung debit air tinggi ketika musim hujan. (johara)

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT