ADVERTISEMENT

Ya Allah, 85 Rumah di Cibinong Terendam Banjir Hingga 1,5 Meter, 284 Orang Mengungsi

Sabtu, 16 Juli 2022 15:05 WIB

Share
Ilustrasi banjir. (foto: ist)
Ilustrasi banjir. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Sebanyak 85 rumah di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor terendam banjir hingga ketinggian 1,5 meter pada Sabtu 16 Juli 2022.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko, mengatakan, banjir yang merendam beberapa wilayah di Kecamatan Cibinong tersebut diakibatkan oleh hujan yang terjadi pada Jum'at 15 Juli 2022 malam. 

"Tim TRC BPBD Kabupaten Bogor melakukan Assesment Kejadian Bencana Banjir yang terjadi pada hari 18.30 WIB, Jumat kemarin," ungkapnya melalui keterangan tertulis. 

Dari hasil assesment, lanjut Aris, ada titik yang menjadi sasaran genangan air pada banjir pekan ini.

"Adapun lokasi banjir di Cibinong sendiri, yaitu di Klaster Green Cibinong, RT.05/05, Kampung Cikempong, RT04/09 dan Mutiara Hijau Residence RT05/09 Kelurahan Pakansari Kecamatan Cibinong," paparnya.

Aris mengatakan, banjir yang melanda Kecamatan Cibinong tersebut dikarenakan oleh derasnya hujan yang melanda Kabupaten Bogor.

"Banjir disebabkan oleh intensitas hujan deras mengakibatkan saluran pembuangan air meluap dan merendam beberapa rumah warga dengan ketinggian kurang lebih 1 - 1,5 meter," jelasnya.

Melalui kajian cepat yang dilakukan BPBD Kabupaten Bogor, setidaknya ada 85 rumah yang terendam genangan air tersebut.

"Di klaster Green Cibinong RT05/05 ada 11 unit rumah yang berisi 9 KK/34 jiwa, lalu di Kampung Cikempong RT04/09 ada 20 unit rumah dengan 24 KK/120 jiwa dan di Mutiara Hijau Residence RT05/09 ada 54 unit rumah dengan 33 KK/130 jiwa," katanya. 

Adapun situasi banjir di ke-tiga tempat tersebut, air masih menggenang. "Banjir susah surut dikarenakan setu kabantenan kondisi overload menampung air dan korban mengungsi di rumah kerabat terdekat," pungkasnya. (panca)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT