ADVERTISEMENT

Mudahnya Ikut Program Pemutihan Pajak Kendaraan, Bayar Cashless Tak Perlu Antre

Jumat, 15 Juli 2022 20:34 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Setelah masuk ke aplikasi DIGI by bank bjb, nasabah memilih menu 'Bayar', kemudian pilih menu 'Pajak/Retribusi'. Kemudian pilih menu Signal atau Sambara dan meng-input kode bayar dan memverifikasi pembayaran. Setelah semua proses selesai, Anda bisa mendapatkan bukti bayar atau e-SKKP di aplikasi Sambara atau di email untuk pendaftaran via Signal. 

Khusus untuk pendafatarn via Signal, wajib pajak dapat melihat tanda bukti dan pengesahan elektronik pada aplikasi Signal untuk selanjutnya bukti fisik dikirim ke alamat wajib pajak melalui PT Pos Indonesia. Pengiriman akan diberikan kepada alamat sesuai KTP. 

Via DigiCash bank bjb 
Kemudahan lainnya yang tak kalah menarik adalah mengikuti program pemutihan pajak kendaraan atau membayar pajak kendaraan melalui aplikasi DigiCash bank bjb. Aplikasi ini bisa dimiliki oleh siapapun tanpa harus memiliki nomor rekening bank bjb. 

Untuk membayar melalui DigiCash bank bjb, masyarakat tinggal mendownload di Play Store atau App Store. Setelah melakukan proses registrasi, Anda tinggal masuk ke menu utama. Di sana akan didapati menu 'Samsat'. 

Setelah menekan tombol menu Samsat, Anda akan diminta nomor kode bayar. Setelah itu, selesaikan proses pembayaran. Pastikan saldo DigiCash bank bjb Anda mencukupi. 

Via ATM bank bjb
Untuk di ATM bank bjb, langkah yang dilakukan adalah masuk ke menu 'pembayaran'. Kemudian pilih menu 'Pajak/Retribusi Provinsi Jawa Barat'. Pilih 'Pajak Kendaraan'. Di layar ATM kemudian akan muncul layar untuk mengisi kode bayar yang telah didapatkan melalui aplikasi Sambara. Setelah itu tekan tombol 'Lanjutkan' hingga proses pembayaran berhasil. 

Setelah semua proses pembayaran selesai, Anda akan mendapatkan e-SKKP (Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran) PKB di aplikasi Sambara. Surat ini menjadi bukti saat Anda ke Samsat untuk melakukan validasi. Masa berlaku e-SKKP adalah 30 hari setelah pembayaran. 

Untuk mengikuti program pemutihan pajak kendaraan bermotor Provinsi Jawa Barat, Anda tidak perlu khawatir terbatas oleh tempat dan domisili. Karena program ini bisa dilakukan secara online, maka warga yang memiliki kendaraan Jawa Barat dan sedang berada dimanapun di Indonesia bisa ikut serta. Namun untuk proses pengesahan harus dilakukan ke kantor Samsat di wilayah Jawa Barat. 

Via Agen Laku Pandai bjb BiSA
Tak hanya itu, bank bjb juga membuka semua channel pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui agen Laku Pandai bjb Bisa. Saat ini, ada ribuan agen laku pandai bjb BiSA yang tersebar di 14 provinsi di Indonesia. 

bjb BiSA merupakan kegiatan menyediakan layanan perbankan dan/atau layanan keuangan lainnya yang dilakukan tidak melalui jaringan kantor, namun melalui kerjasama dengan pihak lain dan perlu didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT