ADVERTISEMENT

Sri Mulyani & Menteri Ekonomi Brazil Dukung Agenda Kesehatan dan Keuangan G20

Kamis, 14 Juli 2022 22:17 WIB

Share
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati di acara online G20. (YouTube)
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati di acara online G20. (YouTube)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA.POSKOTA.CO.ID- Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Ekonomi Brasil, Paulo Guedes, pada 13 Juli 2022 secara virtual.

Keduanya sepakat mendukung agenda kesehatan global dan keuangan global yang berkelanjutan dalam Presidensi G20 Indonesia

Dalam pertemuan bilateral tersebut, kedua menteri juga membahas agenda prioritas Presidensi G20 terkait penanganan masalah global seperti ancaman pandemi, dampak perubahan iklim, serta eskalasi konflik geopolitik yang memicu dampak pada bidang pangan, energi, dan inflasi.

Dalam pengantarnya, Menkeu Sri Mulyani menyampaikan banyaknya dukungan dari negara-negara di dunia, bahkan di luar negara anggota G20, terhadap pembentukan Dana Perantara Keuangan (Financial Intermediary Fund/FIF), yang juga menjadi salah satu hasil capaian (deliverable) agenda Finance Track G20 Indonesia.

Dengan total komitmen kontribusi sebanyak USD1,1 miliar sejauh ini, Indonesia sendiri telah berkomitmen untuk memberikan USD50 juta dalam mendukung pembentukan FIF sebagai upaya antisipatif terhadap dampak risiko pandemi pada masa mendatang”, ujar Menkeu dalam keterangan tertulis yang diterima pada Kamis (14/7/2022).

Menkeu Sri Mulyani pun mengharapkan dukungan dan partisipasi Brasil dalam pembentukan FIF tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Ekonomi Brasil Paulo Guedes menyatakan dukungannya terhadap agenda Joint Finance and Health Taskforce (JFHTF) dan Sustainable Finance dalam Presidensi G20 Indonesia. Terkait Sustainable Finance, Brasil memandang perlu memaksimalkan prinsip polluters-pay, yang diharapkan mampu memaksimalkan secara nyata kontribusi negara-negara penghasil emisi terbesar dan memberikan penghargaan (reward) kepada negara-negara yang menjaga dan mengawal kelestarian hutan, sehingga dapat mengakselerasi tercapainya tujuan Nationally Determined Contribution (NDC) dan Emisi Nol Bersih (Net Zero Emission/NZE).

Menkeu Sri Mulyani menanggapi secara positif dengan menambahkan dalam mencapai tujuan nir-emisi NDC dan NZE dimaksud, perlu juga melestarikan sumber daya hayati, terutama yang berasal dari hutan. Indonesia juga telah mengambil langkah untuk mengembangkan energi terbarukan secara serius dan menerapkan strategi Mekanisme Transisi Energi yang Adil dan Terjangkau (Just and Affordable Energi Transition Mechanism).

Menteri Ekonomi Brasil Paulo Guedes dan Menkeu Sri Mulyani sepakat bahwa konflik geopolitik dan berbagai respon kebijakannya memiliki dampak terhadap dunia dan memicu krisis pangan global. Menkeu Sri Mulyani juga turut menekankan pesan dari Presidensi G20 Indonesia mengenai ajakan deeskalasi tensi geopolitik demi meredam dampak penyebaran (spillover effect) yang telah dirasakan secara global di berbagai bidang, seperti pangan, energi, dan inflasi. Hal ini semakin mendorong peran penting dari forum kerja sama multilateral seperti forum G20 untuk mengakhiri konflik tersebut.

Menkeu Sri Mulyani juga turut mengundang Paulo Guedes untuk hadir dalam salah satu side event FMCBG ketiga, yaitu seminar mengenai Food Insecurity pada 15 Juli 2022. Diskusi mengenai isu ketahanan pangan yang sedang melanda berbagai negara di dunia berpotensi mengarah pada pembentukan tim kerja yang serupa dengan JFHTF, yaitu Joint Finance and Agriculture Taskforce.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Dwiyan
Editor: Dwiyan
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT