ADVERTISEMENT

DPR: penyelenggaraan Haji 2022 Berjalan Baik, Tapi Jemaah Dapat Makanan Nyaris Basi dan 4000 Jemaah Furoda Gagal Berangkat

Sabtu, 9 Juli 2022 15:34 WIB

Share
Bukhori Yusuf: Anggota Komisi VIII DPR. (Foto/dokpribadi)
Bukhori Yusuf: Anggota Komisi VIII DPR. (Foto/dokpribadi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Anggota Komisi VIII DPR  Bukhori Yusuf mengatakan,  penyelenggaraan haji di tahun ini berjalan baik meski ada beberapa  catatan.

"Secara umum penyelenggaraan ibadah haji di tahun Alhamdulillah berjalan dengan baik dan lancar meskipun menyisipkan beberapa catatan untuk perbaikan pelaksanaan haji di tahun yang akan datang,"  katanya, Sabtu (9/7/2022).

Ia mengatakan, pelaksanaan Ibadah haji di tahun ini terdapat permasalahan salah satunya di beberapa tempat yang kualitas kateringnya sempat dikeluhkan sebagian jemaah dan perlu tinjauan kembali.

"Di Sebagian tempat terdapat jemaah yang mengeluhkan makanan yang nyaris basi, namun catatan penting lainnya yakni porsi makanan yang di tawarkan dengan harga tender perlu di tinjau kembali," bebernya.

Pelaksanaan haji di tahun ini juga diwarnai dengan 4000 Jemaah Furoda yang gagal berangkat, menanggapi masalah tersebut. 

Menananggapi hal tersebut bukhori menyampaikan persoalan ini harus segera teratasi.

"Visa furoda itu praktisnya tidak ada harganya, karena visa ini diberikan pemerintah Kerajaan Saudi atas penghargaan ke pihak-pihak tertentu," katanya.

Bukhori Yusuf menyesalkan ada oknum yang memanfaatkan, sehingga diperjual belikan. 

"Dikarenakan antrian haji kita yang cukup panjang sampai 30 tahun, maka momen ini dimanfaatkan bagi yang bisa membeli walaupun tawaran harga yang tinggi," ungkapnya.

Pelaksanaan sistem furoda ini dianggap merugikan calon jemaah yang tidak ada kepastian keberangkatan, sehingga aleg asal dapil Jawa Tengah I ini mengusulkan regulasi untuk mengantisipasi tidak terulangnya kejadian yang sama.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT